Web Analytics

Kata Non Baku Kata Baku Kalimat Efektif

Kata Non Baku Kata Baku Kalimat Efektif

Kata non Baku dan kata baku dan kalimat efektif

Daftar Isi

1. Kata non Baku dan kata baku dan kalimat efektif


Kata baku adalah kata-kata yang sesuai dengan KBBI dan disusun sesuai dengan PUEBI.

Kata tidak baku adalah kata-kata yang tidak sesuai dengan KBBI dan disusun tidak sesuai dengan PUEBI.

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah tata bahasa, baik itu ejaan maupun tanda bacanya.


2. kata non baku kata baku Kalimat efektif​


Jawaban:1.kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaedah bahasa Indonesia.

2.kata non baku adalah kata yang tidak sesuai dengan kaedah bahasa Indonesia.

3.kalimat efektif adalah kalimat yang yang disusun sesuai kaedahnya dan kalimat ini tepat dan mampu dipahami oleh si pendengar dan si pembaca dengan mudah.

Penjelasan:


3. Kata non baku: kata baku: kalimat efektif:​


Jawaban:

kata baku. non baku

fihak. pihak

sistem. sistim

kaidah. kaedah

Penjelasan:

kalo kalimat efektifnya nggak tahu aku


4. cerita tentang mengapa harus hemat listrikkata non bakukata bakukalimat efektif


kata non baku : listerik
kata baku : listrik
k. efektif = jangan membuang buangi listrik . pakai saja dengan seperlunya .

5. Mana kalimat efektif kata baku dan non baku


Jawaban:

Dalam masyarakat Jawa mengenal tradisi mitoni untuk kehamilan. (tidak baku)

Masyarakat Jawa mengenal tradisi mitoni untuk kehamilan.(kalimat baku)


6. Tolong donk Kata non baku >perbaikan kata non baku Kalimat tidak efektif >perbaikan kalimat efektif Plis hanya 5 saja


1.apotik->apotek
2.sistim->sistem
3.aktivitas->aktifitas
4.pektor->vektor
5.pager->pagar

7. Dari teks mana kata baku kata non baku dan kalimat efektif


Jawaban:

1. Kosakata nonbaku: butuhkan

Kosakata baku: membutuhkan

Kalimat efektif: Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini membutuhkan energi listrik, mulai dari kegiatan rumah tangga, perkantoran, pertokoan, pabrik/industri, bahkan aktivitas pribadi pun memerlukan tenaga listrik.

2. Kosakata nonbaku: gak bisa bayangin gimana jadinya

Kosakata baku: tidak dapat membayangkan bagaimana

Kalimat efektif; Tanpa listrik kita tidak dapat membayangkan bagaiman hidup ini.

3. Kosakata nonbaku: gara-gara

Kosakata baku: disebabkan oleh

Kalimat efektif: Meningkatnya suhu Bumi antara lain disebabkan oleh gas buangan dari produk elektronik seperti AC dan kulkas, serta gas hasil pembakaran dari kendaraan bermotor.

4. Kosakata nonbaku: bikin, banget

Kosakata baku: membuat, sangat

Kalimat efektif: Pemanasan global membuat cuaca tidak teratur, musim panas yang sangat panjang hingga berakibat kekeringan di mana-mana.

5. Kosakata nonbaku: tenggelamkan

Kosakata baku: menenggelamkan

Kalimat efektif: Kemudian mencairnya pegunungan es di belahan bumi utara dan selatan yang akan menenggelamkan sebagian besar daratan.

6. Kosakata nonbaku: kalo, bakal

Kosakata baku: jika, akan

Kalimat efektif: Jika hal ini terus terjadi, maka manusia akan terancam habitatnya gara-gara pemanasan global.

7. Kosakata nonbaku: buat menghindari

Kosakata baku: untuk menghindari

Kalimat efektif: Untuk menghindari pemanasan global, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan sikap hidup hemat listrik.

8. Kosakata nonbaku: gampangnya

Kosakata baku: mudahnya

Kalimat efektif: Contoh mudahnya yang bisa kita lakukan adalah:

9. Kosakata nonbaku: kayak

Kosakata baku: seperti

Kalimat efektif: Pilih peralatan hemat energi, seperti mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi.

10. Kosakata nonbaku: kalo udah matiin, gak dipakai

Kosakata baku: mematikan, tidak terpakai

Kalimat efektif: Jika menjadi orang terakhir di ruangan, pastikan mematikan semua peralatan listrik yang tidak terpakai (lampu, kipas angin, tape, tv, dll.) sebelum meninggalkan ruangan


8. Apa yang dimaksud dengan kosa kata baku dan kosa kata non baku dan kalimat Tidak Efektif, perbaikan kalimat efektif jelaskan​


Jawaban:

kosa kata baku adalah Kata yg sesuai dengan kaidah bahasa indonesia(KBBI/PUEBI).

kosa kata non baku adalah adalah Kata yg tidak sesuai dengan kaidah bahasa indonesia(KBBI/PUEBI).

Kalimat tidak efektif adalah Kalimay yg tidak sesuai dgn kaidah bahasa indonesia/menggunakan kata yg TIDAK BAKU.

kalimat efektif adalah Kalimat yg sesuai dengan kaidah bahasa indonesia(KBBI/PUEBI) biasa menggunakan KATA BAKU.

CONTOH PEMBENARAN KALIMAT TIDAK EFEKTIF ADALAH;

KALO GK ADA LISTRIK BAGAIMANA HIDUP KITA?

PEMBENARAN:KALAU TIDAK ADA LISTRIK BAGAIMANA HIDUP KITA?

MAAF CUMA BISA KASIH CONTOH ITU^_&JADIKAN TERBAIK SMG MMEBANTU

Jawaban:Kosakata baku adalah kata-kata yang sesuai dengan kaidah yang dibakukan berupa pedoman ejaan, tata bahasa baku dan kamus umum, baik secara penulisan maupun pengucapan

Kosakata non baku adalah kata-kata yang tidak sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan.Umumnya, sering digunakan dalam percakapan sehari-hari

Kalimat efektif adalah kalimat yang tepat guna dan bisa menyampaikan maksud atau gagasan kepada pendengar atau pembacanya

Kalimat tidak efektif adalah kalimat yang menimbulkan kerancauan dan ketidakjelasan makna bagi pembaca atau pendengarnya


9. Ubahlah kata non baku diedit menjadi kata baku dan Buatlah kalimat efektif dari kata baku di atas Ubahlah kata non baku diatas menjadi kata baku dan Buatlah kalimat efektif dari kata baku tersebut ?tolong di jawab kk plis:)​


Jawaban:

1.dipakai

2.sangat

Penjelasan:

semoga membantu


10. temukan kata non baku dan kalimat tidak efektif​


Jawaban:

kata non baku:

dipake

mengakomodir

sering banget

kalimat tidak efektif:

Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali

kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu


11. Buatlah sebuah karangan bebas terdiri dari 2 paragraf yg didalamnya terdapat kata - kata NON BAKU dan Kaliamat Tidak efektif, kemuadian ubahlah kata - kata Non Baku dan Kalimat Tidak Efektif itu menjadi kata - kata Baku dan Kalimat Efektif di bagian bawah.​


Jawaban:

Morgan menciptakan sitim lampu lalu lintas

Penjelasan:

Sistim adalah kata kosakata non baku dan tidak efektif


12. No kata non baku kata baku kalimat efektif .........


Jawaban:

baku - tidak baku

Akhirat - Akherat.

Aksesori - Asesoris.

Aktif - Aktip.

Akuarium - Aquarium.

Aluminium - Almunium.

Ambulans - Ambulan.

Analisis - Analisa.

kalimat afektif

Sekolah membagikan buku pelajaran kepada siswa kelas V.

Ibu memasak ayam goreng di dapur.

Diana memotong wortel dengan cepat.

Putri siswa teladan di sekolah.

Semut merupakan serangga yang menyukai gula.

Fitri belajar giat untuk ujian.

Penjelasan:

maaf kalo salah


13. Mana kalimat efektif kata baku dan non baku


Jawaban:

Contoh kata non baku Kata baku kalimat efektif

Rumah Pak Hata berukuran sangat luas.

Taman bunga Bu Lili terlihat indah sekali.

Ridho terlambat datang ke acara rapat sebab sepeda motornya mogok di jalan raya.

Ibu mematikan keran air.

Anna tidak bersikap diam saat mendapati sebuah kesalahpahaman di kelasnya.


14. Kosa kata non baku perbaikan kosa kata baku kalimat tidak efektif perbaikan kalimat efektif


ngelihat - melihat
nemuin - menemukanngelihat-melihat
nemuin- menemukan

15. kosa kata baku, non baku kalimat tidak efektif, kalimat efektiftolong di jawab pliss​


Jawaban:

tulislah kalimat tidak efektif yang kamu temukan dalam bacaan!kemudian ubahlah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif !

Penjelasan:

tulislah kalimat tidak efektif yang kamu temukan dalam bacaan!kemudian ubahlah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif !tulislah kalimat tidak efektif yang kamu temukan dalam bacaan!kemudian ubahlah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif !


16. hai tlg ymencari kata² non baku dan diperbaiki dgn kata baku,mencari kalimat non efektif dan mengubahnya ke kata efektif​


Jawaban:kamu tulis kata kata baku contoh:disana kalau kata tidak baku disitu

Penjelasan:maaf klo salah


17. no.kata non bakukata bakukalimat efektif​


1.non baku:nggak

baku:tidak

kalimat efektif:kemarin dito tidak sekolah karena ada kepentingan keluarga

2.non baku:ijin

baku:izin

kalimat efektif:kemarin dita izin tidak sekolah karena sakit

3.non baku:sendal

baku:sandal

kalimat efektif:kemarin sandal putra jatuh ke sungai

Penjelasan:

maaf kalau cuma 3 dan semoga membantu:]


18. apa kata baku dan non baku dan kalimat efektifnya bikin


contoh kalimat efektif baku dan nonbaku

kata baku : abjad, advokat, afdal

kata tidak bakunya : abjat, adpokat, afdol


19. Sebutkan 11 kosa kata non baku, kosa kata baku, kalimat tidak efektif, dan kalimat efektif ​


Jawaban:

Jawaban tertera di gambar ya

Penjelasan:

Semoga membantu....

Kata Baku Kata Tidak Baku

1 Abjad Abjat

2 Advokat Adpokat

3 Afdal Afdol

4 Aktif Aktip

5 Aktivitas Aktifitas

6 Ambeien Ambeyen

7 Al Quran Alquran

8 Andal Handal

9 Apotek Apotik

10 Asas Azas

11 Astronaut Astronot

kalimat efektif dan tidak efektif :

Diana anak tercantik di keluarganya (kalimat efektif)

Diana anak paling tercantik di keluarganya (kalimat tidak efektif)

Semut adalah serangga berkaki enam. (kalimat efektif)

Semut adalah merupakan serangga berkaki enam. (kalimat tidak efektif)

Nezha belajar untuk ujian. (kalimat efektif)

Nezha belajar demi untuk ujian. (kalimat tidak efektif)

Upacara tersebut dihadiri oleh semua siswa. (kalimat efektif)

Upacara tersebut dihadiri oleh semua siswa-siswa. (kalimat tidak efektif)

Warga dusun karang ijo saling membantu mengatasi bencana. (kalimat efektif)

Warga dusun karang ijo saling bantu-membantu mengatasi bencana. (kalimat tidak efektif)

Anak-anak perlu berhati-hati jika melewati sungai. (kalimat efektif)

Anak-anak perlu hati-hati jika melewati sungai. (kalimat tidak efektif)

Seluruh siswa SMA 3 Karangrejo diliburkan. (kalimat efektif)

Baik siswa kelas 1, kelas 2 maupun kelas 3 SMA 3 Karangrejo diliburkan. (kalimat tidak efektif)

Karena harga bbm naik, pengendara motor memilih naik angkot. (kalimat efektif)

Karena harga bbm naik maka pengendara motor memilih naik angkot. (kalimat tidak efektif)

Baik mahasiswa baru atau mahasiswa lama dikenakan peraturan yang sama. (kalimat tidak efektif)

Seluruh mahasiswa dikenakan peraturan yang sama. (kalimat efektif)

Karena harga terus melambung tinggi maka rakyat menderita kelaparan. (kalimat tidak efektif)

Karena harga terus melambung tinggi, rakyat menderita kelaparan. (kalimat efektif)

Menurut Kunjana menyatakan bahwa konteks di dalam linguistik tidak dapat disamakan dengan konteks dalam pragmatik (2009). (kalimat tidak efektif)

Kunjana (2009) menyatakan bahwa konteks di dalam linguistik tidak dapat disamakan dengan konteks dalam pragmatik. (kalimat efektif)

Menurut Kunjana, konteks di dalam linguistik tidak dapat disamakan dengan konteks dalam pragmatik (2009). (kalimat efektif)


20. Kata non baku kata baku kalimat efektif


Jawaban:

Jaman : Zaman

Ijin: izin

Atlit: atlet

gubug: gubuk

Penjelasan:

semoga membantu


Kategori ips