Web Analytics

Hadits Tentang Kompetisi Dalam Kebaikan

Hadits Tentang Kompetisi Dalam Kebaikan

hadits tentang kompetisi dalam kebaikan?

1. hadits tentang kompetisi dalam kebaikan?


وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ أَيْنَ مَا تَكُونُوا يَأْتِ بِكُمُ اللَّهُ جَمِيعًا ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ Artinya : "Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Dimana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh Allah Mahakuasa atas segala sesuatu." (QS. Al Baqarah : 148)


2. hadits tentang berkompetisi dalam kebaikan​


Jawaban:

فا ستبقو االخيرت

Penjelasan:

artinya:

berlomba lombalah kamu dalam kebaikan


3. Tulislah Hadits tentang kompetisi dalam kebaikan beserta artinya


Hadits Tentang Kompetisi Dalam Kebaikan

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ خَطَبَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى اللَّهِ قَبْلَ أَنْ تَمُوتُوا وَبَادِرُوا بِالْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ قَبْلَ أَنْ تُشْغَلُوا وَصِلُوا الَّذِي بَيْنَكُمْ وَبَيْنَ رَبِّكُمْ بِكَثْرَةِ ذِكْرِكُمْ لَهُ وَكَثْرَةِ الصَّدَقَةِ فِي السِّرِّ وَالْعَلَانِيَةِ تُرْزَقُوا وَتُنْصَرُوا وَتُجْبَرُوا وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ قَدْ افْتَرَضَ عَلَيْكُمْ الْجُمُعَةَ فِي مَقَامِي هَذَا فِي يَوْمِي هَذَا فِي شَهْرِي هَذَا مِنْ عَامِي هَذَا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ فَمَنْ تَرَكَهَا فِي حَيَاتِي أَوْ بَعْدِي وَلَهُ إِمَامٌ عَادِلٌ أَوْ جَائِرٌ اسْتِخْفَافًا بِهَا أَوْ جُحُودًا لَهَا فَلَا جَمَعَ اللَّهُ لَهُ شَمْلَهُ وَلَا بَارَكَ لَهُ فِي أَمْرِهِ أَلَا وَلَا صَلَاةَ لَهُ وَلَا زَكَاةَ لَهُ وَلَا حَجَّ لَهُ وَلَا صَوْمَ لَهُ وَلَا بِرَّ لَهُ حَتَّى يَتُوبَ فَمَنْ تَابَ تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ أَلَا لَا تَؤُمَّنَّ امْرَأَةٌ رَجُلًا وَلَا يَؤُمَّ أَعْرَابِيٌّ مُهَاجِرًا وَلَا يَؤُمَّ فَاجِرٌ مُؤْمِنًا إِلَّا أَنْ يَقْهَرَهُ بِسُلْطَانٍ يَخَافُ سَيْفَهُ وَسَوْطَهُ

*) Terjemahan Hadist ada pada gambar.

SEMOGA MEMBANTU ^^


4. apa contoh dari kompetisi dalam kebaikan


klau menurut agama islam seperti : berlomba dalam melaksanakan sholat, bersedekah,mengaji,mengerjakan puasa sunnah, dan banyak lgi.

maaf y sy kan gak tau agama kmu pa, agma sy islam jdi yg sy ksih tau y bgni ni.!!!!

5. Mengapa kita harus berkompetisi dalam hal kebaikan ? jelaskan


Kita harus berkompetisi dalam kebaikan karena setiap kebaikan akan mendapat pahala

6. seberapa penting kompetisi kompetisi kebaikan menurut Anda​


Jawabannya

Di perbolehkan,sebagaimana rasull bersabda (berlomba lombalah kalian dalam kebaikan)

semoga membantu :)


7. 1. Carilah hadits tentang berkompetisi dalam kebaikan dan terjemahannya! 2. Jelaskan isi kandungan yang terdapat dalam hadits tersebut!


Jawaban:

فستبقلوا خيرات

Arti

Maka berlomba lombalah kalian dalam kebaikan

Kandungan

Berusahalah saling menggalahkan dalam bebuat baik kepada manusia

Atau kepada makhluk Allah yang lainya


8. 1. Carilah hadits tentang berkompetisi dalam kebaikan dan terjemahannya! 2. Jelaskan isi kandungan yang terdapat dalam hadits tersebut!​


Jawaban:

1. “Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya sendiri yang ia menghadap kepadanya, maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan.

Penjelasan:

maaf kalau salah tapi yang ini bukan??


9. Hadits tentang taat padaaturan, kompetisi dalamkebaikan, dan etos kerja​


Jawaban:

Hadist tentang taat, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

Hadits tentang ketaatan :

عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ عَلَى الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ السَّمْعُ وَالطَّاعَةُ فِيمَا أَحَبَّ وَكَرِهَ إِلَّا أَنْ يُؤْمَرَ بِمَعْصِيَةٍ فَإِنْ أُمِرَ بِمَعْصِيَةٍ فَلَا سَمْع وَلَا طَاعَةَ

Artinya : Dari Ibnu Umar, dari Nabi SAW bersabda:” Atas setiap muslim harus mendengar dan taat terhadap sesuatu yang ia cintai atau benci, kecuali jika diperintah berbuat maksiat. Jika diperintah bermaksiat maka tidak ada mendengar dan taat”(Muttafaqun alaihi)

Hadits tentang kompetisi dalam kebaikan :

" Dari Abu Hurairah ra., ia berkata bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: " Bersegaralah kamu sekalian melakukan amal-amal  kebaikan sebelum kedatangan tujuh perkara : 1) tidaklah kamu menanti selain masa kemiskinan yang dilupakan orang, 2) masa kecukupan yang membuat kamu lalim, 3) masa sakit yang dapat merusak segalanya, 4) masa tua yang menimbulkan penyesalan, 5) mati mendadak, 6) dajjal (pembohonh), maka sesungguhnya ia adalah makhluk jahat yang di tunggu-tunggu, atau 7) hari kiamat, maka sesungguhnya hari kiamat itu amat mengerikan dan amat getir" ( HR. AHMAD DAN TURMUDZI )

Hadits tentang etos kerja :

عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ  رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ – صلى الله عليه وسلم سُئِلَ: أَيُّ اَلْكَسْبِ أَطْيَبُ? قَالَ: عَمَلُ اَلرَّجُلِ بِيَدِهِ, وَكُلُّ بَيْعٍمَبْرُورٍ { رَوَاهُ اَلْبَزَّارُ، وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِم

Artinya : Dari Rifa’ah Ibnu Rafi’ r.a. bahwa Rasulullah saw. pernah ditanya: Pekerjaan apakah yang paling baik?. Beliau bersabda: “Pekerjaan seseorang dengan tangannya dan setiap jual-beli yang bersih”. (HR Al-Bazzar dan dishahihkan oleh al-Hakim) 

Pembahasan:

Hadits adalah Sumber hukum dalam Islam atau sumber hukum ke-2 sesudah Al-Qur'an.

Hadits merupakan perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan landasan syariat Islam.

Dalam kesempatan kali ini yang kita bahas adalah hadits tentang taat,kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

Dalam hadits biasa disebutkan Sanad, Isnad dan Perowinya.

Hadits tentang Taat yang sudah disebut diatas jelas, bahwa kita diwajibkan taat jika apa yang diperintahkan pada kita bukan hal kemaksiatan, jika yang diperintahkan itu merupakan hal kemaksiatan tidak ada perintah kita harus menta'atinya, yang ada kita harus menghindarinya.

Hadits tentang Kompetisi diatas menjelaskan bahwa kita dianjurkan untuk bersegera melakukan amal-amal kebajikan (berkompetisi dalam hal kebaikan) sebelum datangnya 7 perkara yang dapat menghalangi kita untuk berkompetisi.

Hadits tentang Etos kerja diatas, menjelaskan bahwa semua pekerjaan itu baik asalkan halal.

Pelajari Lebih Lanjut

Jelaskan pengertian fastabiqul khairat...  sebutkan beberapa perbuatan baik yang berkaitan dengan fastabiqul khairat https://brainly.co.id/tugas/647374

=================

Detail Jawaban

Kelas: 11

Mapel: PAI

Kategori: Bab 6 - Membangun Bangsa melalui Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja

Kode: 11.14.06

Kata Kunci: Hadits, Taat, Kompetisi, Etos kerja.


10. 1.Sebutkan 7 kesimpulan dari ketiga hadits tersebut.- hadits pengendalian diri- hadits prasangka baik- hadits persaudaraan​


Jawaban:

1. Hadis Tentang Pengendalian Diri

Ini untuk kamu yang belum bisa mengendalikan diri, ada Hadis Tentang Pengendalian Diri untuk senantiasa kita bisa mengendalikan diri kita.

Diriwayatkan dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda:

Artinya : “Orang yang perkasa bukanlah orang yang menang dalam perkelahian, tetapi orang yang perkasa adalah orang yang mengendalikan dirinya ketika marah.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

2. Hadis tentang Prasangka Baik

Berperasangka baik kepada orang lain merupakan hal yang mudah – mudah susah, apalagi ketika berkumpul dengan teman-teman biasanya kita membahas diri orang lain, yang seakan-akan diri kita yang paling benar, maka Hadis tentang Prasangka Baik ini memberitahu kepada kita untuk senantiasa Berprasangka Baik kepada orang lain.

Rasulullah saw. Bersabda :

Artinya : “Jauhkanlah dirimu dari prasangka buruk, karena sesungguhnya prasangka itu adalah perkataan yang paling dusta.” (H.R. Bukhari)

Baca Juga :

5 Perilaku Mulia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pengertian Al-Quran dan Kandungan Al-Quran

Pengertian Iman Kepada Malaikat

3. Hadis tentang Persaudaraan

Manusia adalah makhluk sosial yang dimana kita pasti membutuhkan orang lain, dan persaudaraanlah kunci dari kehidupan di dunia ini, jika kita mempunyai banyak saudara bukankah, kita banyak yang menolong jika mengalami kesusahan? Setuju?

Berikut Hadis yang bisa menuntun kita dalam persaudaraan yang lebih baik lagi.

Diriwayatkan dari Nu’man bin Basyir ra. bahwa Rasulullah saw. Bersabda:

Artinya : “Perumpamaan orang-orang mukmin dalam saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi, seperti satu tubuh. Apabila satu organ tubuh merasa sakit, akan menjalar kepada semua organ tubuh, yaitu tidak dapat tidur dan merasa demam.” (H.R. Muslimah)


11. Berkompetisi dalam kebaikan


فاستبقون الخيرات
Dalam bahasa arabnya

12. hadist tentang kompetisi dalam kebaikan


  وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا فَاسْتَبِقُواْ الْخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونُواْ يَأْتِ بِكُمُ اللّهُ جَمِيعاً إِنَّ اللّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ﴿١٤٨﴾

Artinya  :

Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.( Q.S Al-Baqarah : 148 )


13. Hadits yang paling baik kualitasnya disebut hadits... ​


Jawaban:

soheh

Penjelasan:

Jawaban:

mugholazon

Penjelasan:

itu jawabannya yak



Jawaban:

(وَأَنزَلۡنَاۤ إِلَیۡكَ ٱلۡكِتَـٰبَ بِٱلۡحَقِّ مُصَدِّقࣰا لِّمَا بَیۡنَ یَدَیۡهِ مِنَ ٱلۡكِتَـٰبِ وَمُهَیۡمِنًا عَلَیۡهِۖ فَٱحۡكُم بَیۡنَهُم بِمَاۤ أَنزَلَ ٱللَّهُۖ وَلَا تَتَّبِعۡ أَهۡوَاۤءَهُمۡ عَمَّا جَاۤءَكَ مِنَ ٱلۡحَقِّۚ لِكُلࣲّ جَعَلۡنَا مِنكُمۡ شِرۡعَةࣰ وَمِنۡهَاجࣰاۚ وَلَوۡ شَاۤءَ ٱللَّهُ لَجَعَلَكُمۡ أُمَّةࣰ وَ ٰ⁠حِدَةࣰ وَلَـٰكِن لِّیَبۡلُوَكُمۡ فِی مَاۤ ءَاتَىٰكُمۡۖ فَٱسۡتَبِقُوا۟ ٱلۡخَیۡرَ ٰ⁠تِۚ إِلَى ٱللَّهِ مَرۡجِعُكُمۡ جَمِیعࣰا فَیُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمۡ فِیهِ تَخۡتَلِفُونَ)

[Surat Al-Ma'idah 48]

Penjelasan:

alquran diturunkan oleh allah kepada nabi muhammad saw yang kemudian diajarkan kepada umat manusia untuk dijadikan pedoman hidup agar mendapat kan kebahagiaan didunia dan akherat, sehingga alquran itu kita baca dan kita ajarkan kepada saudara yang ada di sekitar kita, jikalau sudah ada yang mengajarkan juga itu lebih baik agar kita bisa berlomba2 dalam kebaikan dengan menyebarkan hukum2 yang terkandung dalam alquran


15. hadis tentang kompetisi dalam kebaikan


عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ خَطَبَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى اللَّهِ قَبْلَ أَنْ تَمُوتُوا وَبَادِرُوا بِالْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ قَبْلَ أَنْ تُشْغَلُوا وَصِلُوا الَّذِي بَيْنَكُمْ وَبَيْنَ رَبِّكُمْ بِكَثْرَةِ ذِكْرِكُمْ لَهُ وَكَثْرَةِ الصَّدَقَةِ فِي السِّرِّ وَالْعَلَانِيَةِ تُرْزَقُوا وَتُنْصَرُوا وَتُجْبَرُوا وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ قَدْ افْتَرَضَ عَلَيْكُمْ الْجُمُعَةَ فِي مَقَامِي هَذَا فِي يَوْمِي هَذَا فِي شَهْرِي هَذَا مِنْ عَامِي هَذَا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ فَمَنْ تَرَكَهَا فِي حَيَاتِي أَوْ بَعْدِي وَلَهُ إِمَامٌ عَادِلٌ أَوْ جَائِرٌ اسْتِخْفَافًا بِهَا أَوْ جُحُودًا لَهَا فَلَا جَمَعَ اللَّهُ لَهُ شَمْلَهُ وَلَا بَارَكَ لَهُ فِي أَمْرِهِ أَلَا وَلَا صَلَاةَ لَهُ وَلَا زَكَاةَ لَهُ وَلَا حَجَّ لَهُ وَلَا صَوْمَ لَهُ وَلَا بِرَّ لَهُ حَتَّى يَتُوبَ فَمَنْ تَابَ تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ أَلَا لَا تَؤُمَّنَّ امْرَأَةٌ رَجُلًا وَلَا يَؤُمَّ أَعْرَابِيٌّ مُهَاجِرًا وَلَا يَؤُمَّ فَاجِرٌ مُؤْ


16. syarat berkompetisi dalam kebaikan


tidak ada unsur negative
tidak melanggar syariat
sportive bagi para pemain

17. pengertian kompetisi dalam kebaikan


maksud nya berlomba lomba dalam melakukan perbuatan baik tapi tidak pamer atas apa yang dia lakukan pada orang lain
maksudnya berlomba-lomba dalam kebaikan... bersegera dalam kebaikan.. dengan penuh keikhlasan dan mengharap rido-Nya... 
semoga bermanfaat....

18. TULISLAH HADITS YG MENGANJURKAN KOMPETISI DALAM KEBAIKAN DAN KETAATAN MASING MASING DUA HADITS SERTA TERJEMAHANNYA DAN PERAWINYA.


Jawaban:

hadis riwayat abu Hurairah


19. pengertian kompetisi dalam kebaikan ?


Berkompetisi dalam kebaikan artinya adalah berlomba-lomba atau bersegara dalam melakukan kebaikan. Frasa ini adalah terjemahan dari istilah Fastabiqul Khoirot yang bisa dijumpai langsung dalam Surah Al-Baqrah ayat 148.

Pembahasan

Berkompetisi dalam kebaikan ini adalah persaingan yang sehat. Kompetisi dalam hal ini bertujuan untuk meraih kemuliaan di sisi Allah SWT. Berlomba-lomba dalam konteks ini artinya adalah MENYEGERAKAN BERBUAT BAIK, dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tanpa keraguan karena meyakini  adanya hari akhir.

Berkompetisi dalam kebaikan ini seyogyanya dilakukan secara menyeluruh, artinya bahwa semua pihak ikut serta. Dengan demikian maka tatanan kehidupan dalam masyarakat akan dilingkupi dengan kebaikan.

Berkompetisi dalam kebaikan memiliki sejumlah tahapan antara lain sebagai berikut:

Memahami atau menyadari pentingnya berbuat kebaikan sebanyak mungkin.Mewujudkan cita-cita dengan bekerja keras.Dunia erat dengan persaingan, ini termasuk juga dalam berbuat kebaikan sehingga harus segera menyegerakan kebaikan yang akan dilakukan.Melakukan kebaikan dengan landasan ikhlas.
Pelajari lebih lanjut:Materi tentang pengertian fastabiqul khairat https://brainly.co.id/tugas/647374Materi tentang contoh fastabiqul khairat https://brainly.co.id/tugas/3126140Materi tentang tahapan semangat fastabiqul khairat https://brainly.co.id/tugas/11637849

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Detil Jawaban

Kode           : 12.14.1

Kelas          : 3 SMA

Mapel         : Pendidikan Agama Islam

Bab             : Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir

Kata Kunci : Berkompetisi, Kebaikan, Al-Baqrah, Menyegerakan


20. Apa yang di maksud dengan Kompetisi dalam kebaikan?


Kegiatan atau perlombaan yang harus memiliki nilai yang baik atau bersifat baik
Kategori b_arab