Web Analytics

Contoh Teks Editorial Terbaru 2021

Contoh Teks Editorial Terbaru 2021

berikan 1 contoh teks editorial dari berita terbaru 2021 beserta strukturnya lengkap​

1. berikan 1 contoh teks editorial dari berita terbaru 2021 beserta strukturnya lengkap​


Jawaban:

Pentingnya Meningkatkan Pelayanan Rumah Sakit

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pada tahun lalu banyak masyarakat mengadu mengenai pelayanan kesehatan yang berada di rumah sakit Indonesia. Satu di antara keluhan masyarakat yaitu penanganan dokter untuk melayani pasien yang kurang memuaskan.

Argumentasi

Seharusnya pemerintah lebih mengutamakan bidang kesehatan dengan cara membarui atau meningkatkan mutu setiap dokter di Indonesia. Hal itu dilakukan demi meningkatkan pelayanan dan memberikan kepuasan pada masyarakat.

Terdapat pengaduan yang berjumlah sekitar 268 dan dilaporkan kepada Kementerian Kesehatan. Namun, pada kenyataannya masih banyak laporan yang belum diterima, bhwa masyarakat masih kurang puas dengan pelayanan rumah sakit yang diberikan.

Pernyataan Ulang Pendapat

Masyarakat terus berharap agar mendapatkan peningkatan pelayanan rumah sakit yang ada di Indonesia guna membuat pasien menjadi lebih nyaman.


2. Contoh teks editorial terbaru


contohnya: masalah yg ada pada bidang sosial,politik,atau pun masalah ekonomi yg mempunyai hubungan secara relavan atau signifikan dengan politik

3. Contoh kasus teks editorial dengan kasus terbaru di indonesia.


Jawaban:

kasus yang menyatakan tentang suatu masalah besar di peruangan


4. struktur dan kaidah teks editorial yang baru


Struktur Teks Editorial dibagi menjadi 3 bagian,
1. Pernyataan pendapat
2. Argumentasi
3. Pernyataan ulang pendapat
Kaidah Teks Editorial
1. Adverbia
2. Konjungsi
3. Kosakata
4. Verba

5. Contoh teks fakta dan opini dalam teks editorial kado tahun baru 2014 dari pertamina


Fakta dan opini merupakan hal yang terkandung pada teks editorial. Kalimat fakta adalah kalimat yang berisi hal yang benar-benar terjadi. Sedangkan kalimat opini adalah kalimat yang berisi pendapat penulis. Sebagai pembaca, kita harus bisa membedakan kalimat fakta dan opini. Dengan begitu, informasi yang diperoleh tidak bercampur antara fakta dan opini.  

Contoh teks editorial dapat kita lihat pada koran. Dengan sering membaca teks editorial, kita dapat melatih diri kita untuk membedakan fakta dan opini. Ciri ciri fakta adalah dapat dibuktikan kebenarannya, berisi data-data kuantitatif dan didapat dari narasumber yang terpercaya. Ciri-ciri opini adalah berisi pendapat tentang sesuatu dan tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Pembahasan

Kalimat fakta pada teks Kado Tahun Baru 2014 dari Pertamina:

Paragraf 1 kalimat 2Paragraf 1 kalimat 3  Paragraf 1 kalimat 4  Paragraf 2 kalimat 4Paragraf 3 kalimat 1

Kalimat opini pada teks Kado Tahun Baru 2014 dari Pertamina:

Paragraf 2 kalimat 1Paragraf 2 kalimat 3Paragraf 4 kalimat 1Paragraf 4 kalimat 3Paragraf 5 kalimat 1Paragraf 5 kalimat 3Paragraf 6 Kalimat 1  Kesimpulan

Kalimat fakta dan Kalimat opini adalah dua jenis kalimat yang sering kita temukan pada berita atau teks editorial. Kita harus dapat membedakan kedua jenis kalimat tersebut saat membaca suatu berita ataupun teks lainnya. Jika kita dapat membedakan dua jenis kalimat tersebut, informasi yang kita peroleh akan lengkap dan menyeluruh  

Pelajari lebih lanjutMateri teks editorial: brainly.co.id/tugas/8597223Materi fakta dan opini: brainly.co.id/tugas/7630768  Detil Tambahan

Kelas: 9

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kategori: Fakta dan Opini

Kode kategori: 9.1.3

Kata kunci: fakta, opini, teks editorial



6. contoh teks editorial​


Jawaban:

Teks editorial adalah sebuah pernyataan mengenai fakta dan opini secara singkat, logis, menarik.

Tujuan dari penulisan teks editorial ini untuk mengajak pembaca ikut berpikir terkait isu atau topik yang sedang terjadi di kehidupan sekitarnya

penjelasan:

maaf kalau salah


7. mohon bantuan untuk memberikan contoh teks editorial dan rancangan teks editorial


menagih janji anis-sandi

JANJI ialah utang. Siapa pun yang mengucap janji sama artinya ia telah berutang. Menjadi kewajiban si pembuat janji untuk membayar atau melunasi utang atau janji-janji, apa pun bentuknya, di mana pun, kepada siapa pun, dan kapan pun janji itu dibuat. Bila tidak memenuhi janji itu, pembuat janji termasuk golongan orang-orang yang ingkar.

Konsekuensinya, kredibilitas dan integritas orang tersebut dipastikan akan jatuh di mata orang atau pihak yang dijanjikan. Adagium itu berlaku untuk siapa pun dan di bidang apa pun, termasuk di bidang politik, misalnya janji kampanye politikus kepada konstituen atau calon pemilih.
(editorial media Indonesia)

8. contoh teks editorial?


teks editional sama dgn teks opini. dimana opini yg berstrukturkan : pernyataan umum/pendapat, argumentasi,penegasan ulang/pernyataan ulang.
untuk contoh dapa di buat sendiri...

9. contoh teks editorial​


Jawaban:

Pernyataan Pendapat (Tesis)

argumentasi


10. contoh teks editorial​


Jawaban:

Penjelasan:

Bencana Banjir Tahunan di Indonesia

Pernyataan Pendapat

Bencana banjir merupakan salah satu bencana yang sering melanda Indonesia. Banjir umumnya terjadi di musim-musim hujan. Pertanyaannya, apakah banjir murni disebabkan oleh hujan atau karena ulah manusia? Faktanya, mayoritas bencana banjir faktor utamanya disebabkan oleh ulah manusia sendiri.

Argumentasi

Sebagai contoh adalah kasus banjir yang sering terjadi di Jakarta. Jakarta memiliki jumlah penduduk yang padat sehingga lahan serapan sangat sedikit. Selain padatnya jumlah penduduk, masyarakatnya juga kurang teredukasi mengenai masalah kesehatan lingkungan.

Banyak dari mereka yang membuang sampah sembarangan, misalnya saja di sungai. Alhasil, sampah menumpuk di sungai dan aliran air menjadi terhambat. Baru ketika hujan ekstrem, sungai akan meluap dan banjir pun terjadi.

Penegasan Ulang Pendapat

Selain di Jakarta, banjir-banjir di daerah lain juga disebabkan oleh hal yang serupa. Maka dari itulah, perlu sekali kesadaran masyarakat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan kemudian ketika sudah banjir baru jera dan ketika musim kemarau diulangi kembali.

Maaf kalaunya salah yah :) soalnya cari di google :v


11. contoh teks editorial​


Contohnya adalah:

ibarat pengacara yang membangun argumentasi untuk mempengaruhi pikiran pembaca.


12. contoh teks editorial


Dalam pelaksanaanya, Reshuffle Kabinet sudah berulang kali terjadi di Indonesia. Namun Reshuffle Kabinet yang terjadi hanyalah pergantian orang, bukan pergantian mentalitas dan kebijakan. Tidak salah kalau banyak orang yang menganggap Reshuffle Kabinet hanya agenda “pengaturan ulang jatah kekuasaan”.

Reshuffle Kabinet memang sangat dibutuhkan, tetapi terkandang reshuflle kabinet masih sangat jauh dari agenda dan kepentingan rakyat. Reshuffle Kabinet seharusnya muncul dari kegagalan seorang menteri menjalankan pekerjaannya, bukan atas dasar perbedaan kepentingan di kalangan partai pendukung pemerintah.

Reshuffle Kabinet sebagai salah satu arena pertempuran politik, seharusnya juga tak hanya mengganti menteri yang tak berkualitas menjadi berkualitas, tapi juga diletakkan dalam kerangka menjawab kebutuhan nasional, kebutuhan mewujudkan nawacita dan menyelesaikan berbagai permasalahan. Sehingga dapat mewujudkan wahana persatuan nasional untuk kemandirian dan kemakmuran bangsa


13. cari pengertian teks editorial. dan buatlah satu contoh teks editorial!.​


Jawaban:

Pengertian Teks Editorial Menurut Para Ahli

Menurut Dja’far H Assegaf dalam bukunya “jurnalistik masa kini”yang dikutip dari Lyle Spencer dalam “editoril writing”, tajuk rencana merupakan pernyataan mengenai fakta dan opini secara singkat, logis, menarik ditinjau dari segi penulisan dan bertujuan untuk mempengaruhi pendapat atau memberikan interpretasi terhadap suatu berita yang menonjol sebegitu rupa sehingga bagi kebanyakan pembaca surat kabar akan menyimak pentingnya arti berita yang ditajukkan tadi(Dja’far H. Assegaff : 1991).

Tujuan Teks Editorial/Opini

Adapun tujuan teks editorial/opini yang diantaranya yaitu:

Mengajak pembaca untuk ikut berpikir dalam masalah (isu/topik) yang sedang hangat terjadi di kehidupan sekitar.

Memberikan pandangan kepada pembaca terhadap isu yang sedang berkembang.

Manfaat Teks Editorial/Opini

Mgid

EYELAB

Bagaimana cara mengembalikan penglihatan 100% tanpa operasi?

PELAJARI LEBIH→

Teks editorial memberi informasi kepada pembaca, untuk merangsang pemikiran dan terkadang mampu menggerakkan pemnaca untuk bertindak.

Fungsi Teks Editorial/Opini

Adapun fungsi teks editorial yang diantaranya yaitu:

Fungsi tajuk rencana umumnya menjelaskan berita dan akibatnya pada masyarakat.

Mengisi latar belakang dari kaitan berita tersebut dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh.

Terkadang ada analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan yang bisa terjadi.

Meneruskan penilaian moral mengenai berita tersebut.

Jenis jenis Teks Editorial

Interpretaive editorial, editorial ini bertujuan untuk menjelaskan isu dengan menyajikan fakta dan figur untuk memberikan pengetahuan.

Controversial editorial, editorial bertujuan untuk meyakinkan pembaca pada keinginan atau menumbuhkan kepercayaan pembaca terhadap suatu isu. Dalam editorial ini biasanya pendapat yang berlawanan akan digambarkan lebih buruk.

Explantory editorial, editorial ini menyajikan masalah atau suatu isu agar dinilai oleh pembaca. Biasanya teks editorial ini bertujuan untuk mengeidentifikasi suatu masalah dan membuka mata masayarakat untuk memperhatikan suatu isu.

Ciri-Ciri Teks Editorial/Opini

Adapun ciri-ciri teks editorial/opini yang diantaranya yaitu:

Tema tulisannya selalu hangat (sedang berkembang dibicarakan secara luas oleh masyarakat), aktual dan faktual.

Bersifat sistematis dan logis.

Tajuk rencana merupakan opini/pendapat yang bersifat argumentative.

Menarik untuk dibaca karna penggunaan kalimatnya yang singkat, padat dan jelas.

Struktur Teks Editorial

Struktur yang menyusun teks editorial/opini sama dengan struktur yang telah membangun teks eksposisi, 3 struktur teks editorial/opini:

Pernyataan pendapat (tesis), bagian berisi sudut pandang penulis mengenai masalah yang dibahas, biasanya sebuah teori yang akan diperkuat oleh argumen.

Argumentasi, alasan atau bukti yang digunakan guna memperkuat pernyataan dalam tesis, walau secara umum argumentasi diartikan untuk menolak suatu pendapat. Argumen bisa berbentuk pertanyaan umum/data hasil penelitian, pernyataan para ahli, maupun fakta-fakta berdasarkan referensi yang bisa dipercaya.

Penyataan/Penegasan ulang pendapat (Reiteration), bagian berisi penegasan ulang pendapat yang didorong oleh fakta di bagian argumentasi guna memperkuat/menegaskan, ada di bagian akhir teks.

Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

Tidak jauh berbeda dengan kaidah kebahasaan yang dipakai di teks prosedur kompleks, di ciri kebahasaan teks editorial juga menggunakan verba material, berikut kaidah kebahasaan teks editorial:

Adverbia yakni ditujukan agar pembaca meyakini teks yang dibahas, dengan menegaskan menggunakan kata keterangan (adverbia frekuentatif), kata yang biasa digunakan yaitu, selalu, biasanya, sering, kadang-kadang, sebagian besar waktu, jarang dan lainnya.

Konjungsi yakni kata penghubung pada teks, contohnya, bahkan.

Verba material yakni verba yang menunjukkan perbuatan fisik/peristiwa.

Verba Relasional yakni verba yang menunjukkan hubungan intensitas (pengertian A adalah B) dan milik (mengandung pengertian A mempunyai B).

Verba Mental yaitu verba yang menerangkan persepsi (misalnya melihat, merasa), afeksi (misalnya suka, khawatir) dan kognisi (misalnya berpikir, mengerti), pada verba mental terdapat partisipan pengindra (senser) dan fenomena.

Penjelasan:

Teks editorial memberi informasi kepada pembaca, untuk merangsang pemikiran dan terkadang mampu menggerakkan pemnaca untuk bertindak.

Fungsi Teks Editorial/Opini

Adapun fungsi teks editorial yang diantaranya yaitu:

Fungsi tajuk rencana umumnya menjelaskan berita dan akibatnya pada masyarakat.

Mengisi latar belakang dari kaitan berita tersebut dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh.

Terkadang ada analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan yang bisa terjadi.

Meneruskan penilaian moral mengenai berita tersebut.

Jenis jenis Teks Editorial

Interpretaive editorial, editorial ini bertujuan untuk menjelaskan isu dengan menyajikan fakta dan figur untuk memberikan pengetahuan.

Controversial editorial, editorial bertujuan untuk meyakinkan pembaca pada keinginan atau menumbuhkan kepercayaan pembaca terhadap suatu isu. Dalam editorial ini biasanya pendapat yang berlawanan akan digambarkan lebih buruk.

Explantory editorial, editorial ini menyajikan masalah atau suatu isu agar dinilai oleh pembaca. Biasanya teks editorial ini bertujuan untuk mengeidentifikasi suatu masalah dan membuka mata masayarakat untuk memperhatikan suatu isu.

Ciri-Ciri Teks Editorial/Opini

Adapun ciri-ciri teks editorial/opini yang diantaranya yaitu:

Tema tulisannya selalu hangat (sedang berkembang dibicarakan secara luas oleh masyarakat), aktual dan faktual.

Bersifat sistematis dan logis.

Tajuk rencana merupakan opini/pendapat yang bersifat argumentative.

Menarik untuk dibaca karna penggunaan kalimatnya yang singkat, padat dan jelas.

Struktur Teks Editorial

Struktur yang menyusun teks editorial/opini sama dengan struktur yang telah membangun teks eksposisi, 3 struktur teks editorial/opini:

Pernyataan pendapat (tesis), bagian berisi sudut pandang penulis mengenai masalah yang dibahas, biasanya sebuah teori yang akan diperkuat oleh argumen.

Argumentasi, alasan atau bukti yang digunakan guna memperkuat pernyataan dalam tesis, walau secara umum argumentasi diartikan untuk menolak suatu pendapat. Argumen bisa berbentuk pertanyaan umum/data hasil penelitian, pernyataan para ahli, maupun fakta-fakta berdasarkan referensi yang bisa dipercaya.

Penyataan/Penegasan ulang pendapat (Reiteration), bagian berisi penegasan ulang pendapat yang didorong oleh fakta di bagian argumentasi guna memperkuat/menegaskan, ada di bagian akhir teks.

Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

Tidak jauh berbeda dengan kaidah kebahasaan yang dipakai di teks prosedur kompleks, di ciri kebahasaan teks editorial juga menggunakan verba material, berikut kaidah kebahasaan teks editorial:

Adverbia yakni ditujukan agar pembaca meyakini teks yang dibahas, dengan menegaskan menggunakan kata keterangan (adverbia frekuentatif), kata yang biasa digunakan yaitu, selalu, biasanya, sering, kadang-kadang, sebagian besar waktu, jarang dan lainnya.

Konjungsi yakni kata penghubung pada teks, contohnya, bahkan.

Verba material yakni verba yang menunjukkan perbuatan fisik/peristiwa.

Verba Relasional yakni verba yang menunjukkan hubungan intensitas (pengertian A adalah B) dan milik (mengandung pengertian A mempunyai B).

Verba Mental yaitu verba yang menerangkan persepsi (misalnya melihat, merasa), afeksi (misalnya suka, khawatir) dan kognisi (misalnya berpikir, mengerti), pada verba mental terdapat partisipan pengindra (senser) dan fenomena.


14. contoh teks editorial​


Jawaban:Pembukaan

Zaman sekarang banyak hal memalukan yang terjadi di negara ini seperti korupsi, suap, dan sebagainya. Anehnya, pelaku kejahatan tersebut adalah orang pintar yang namanya berekor gelar dari universitas terkenal.

Memandang fenomena yang terjadi, agaknya ada yang salah dengan pola pendidikan formal di sini dan harusnya sudah ada kajian ulang. Pola pendidikan terlalu menekankan pada ilmu duniawi semata. Yang menghasilkan orang pintar, namun tidak terdidik ataupun memiliki budi pekerti baik.

Argumen 1: Pendapat

Akibatnya orang pintar justru menjadi jahat, bersikap seperti maling, menindas kaum lemah. Padahal harusnya merekalah yang menjadi penolong dan pemimpin yang dapat memberikan manfaat bagi umat.

Argumen 2: Fakta

Banyak orang terhormat di negara ini yang tertangkap basah melakukan tindak korupsi ataupun penyuapan. Bahkan mereka yang bergelar pendidikan tinggi dan mengaku sebagai alim ulama, tetapi bertindak memalukan dan merugikan sesama.

Penjelasan:bismillah


15. buatlah teks editorial tentang olimpiade tokyo 2021 ini ​


tamu VIP

Olimpiade ini seharusnya menjadi ajang di mana segala harapan bertumpu. Tokyo 2020 sedianya menjadi simbol bagaimana dunia telah berhasil mengalahkan pandemi. Tapi yang terjadi, justru sebaliknya.

Bagi banyak jurnalis, atlet, dan delegasi di Tokyo, pembatasan terasa semakin ketat alih-alih melonggar.

Baca juga:

Olimpiade Tokyo 2020: Perolehan medali

Upaya Indonesia jaga tradisi emas badminton Olimpiade, dari latihan khusus di Kumamoto hingga menjaga hati pemain

"Kami tidak bisa memprediksi jumlah kasus virus corona. Maka kami akan melanjutkan diskusi bila ada lonjakan kasus," kata Toshiro Muto, kepala panitia penyelenggara, saat ditanya apakah Olimpiade akan diteruskan.

Jawabannya yang samar-samar ini menjadi tajuk berita di mana-mana, banyak yang menafsirkannya sebagai isyarat bahwa Olimpiade akan dibatalkan.

Penjelasan:

maaf klo slh ya


16. contoh teks editorial


Tragedi JembatanMahakam



1. Jembatan Mahakam 2 yang diresmikan tahun 2002 ambruk! Empat orang dilaporkan tewas, sejumlah orang luka-luka, dan korban lain masih dicari.
Ambruknya jembatan gantung terpanjang di Indonesia dan disebut sebagai Golden Gate di Kalimantan itu ramai dalam percakapan di media sosial dan media online. Selain soal investigasi penyebab ambruknya jembatan, penyelamatan korban yang masih tenggelam harus terus dilakukan. Sejumlah orang dilaporkan masih hilang. Langkah darurat harus segera diambil agar transportasi di kawasan tersebut segera bisa dipulihkan.
2. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung menggelar rapat dan memerintahkan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meninjau lokasi. Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo juga mengutus Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Sutarman untuk menyelidiki runtuhnya jembatan itu. Langkah cepat Presiden itu patut diapresiasi!

3. Ambruknya jembatan gantung Mahakam 2, yang panjangnya 710 meter, memang patut diselidiki. Fondasi jembatan itu selesai tahun 2000 dan jembatan Mahakam 2 itu diresmikan tahun 2002. Artinya, jembatan itu baru berumur sepuluh tahun. Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto, sebagaimana dikutip situs berita Kompas.com, menyebutkan, sesuai desain awal, jembatan Mahakam 2 didesain hingga 40 tahun, bahkan hingga 100 tahun. Ia menduga perawatan yang abai menjadi penyebab ambruknya jembatan.

4. Investigasi terhadap ambruknya Mahakam 2 harus dilakukan. Apakah ambruknya jembatan karena ada unsur kelalaian manusia karena jembatan itu sedang diperbaiki? Namun, apa pun, pengurangan kekuatan jembatan dari yang dirancang untuk beroperasi 40 tahun, tetapi ambruk dalam kurun waktu sepuluh tahun, harus menjadi titik awal penyelidikan. Penyelidikan forensik teknologi perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab ambruknya jembatan. Apakah ambruknya jembatan itu karena pengurangan spesifikasi bangunan atau karena desain teknis atau karena penyebab lain. Ahli fisika pernah mengutarakan bahwa pembangunan konstruksi jembatan Mahakam tidak mempertimbangkan teori dasar perubahan angin.

5. Jika problemnya karena faktor kurangnya perawatan, kita pun mempertanyakan mengapa perawatan itu tak dilakukan sewajarnya? Padahal, orang yang melewati jembatan itu dipungut retribusi Rp 1.000, tanpa dasar hukum.

6. Kita menggarisbawahi pernyataan Djoko Murjanto soal perawatan. Bangsa ini punya kelemahan kultural dalam hal perawatan. Kita bisa membangun apa saja, tetapi kita lemah dalam pemeliharaan. Mahakam 2 hanyalah salah satu dari banyak jembatan di Indonesia. Kita tak ingin ambruknya Mahakam 2 itu menulari jembatan lain. Audit harus dilakukan terhadap jembatan lain. Penyediaan infrastruktur yang aman adalah tanggung jawab pemerintah.

Sumber : Kompas | Senin, 28 November 2011

Struktur Teks Editorialnya :
Judul : Tragedi Jembatan Mahakam

Masalah : Jembatan Mahakam 2 yang diresmikan tahun 2002 ambruk!

Solusi : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung menggelar rapat dan memerintahkan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meninjau lokasi. Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo juga mengutus Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Sutarman untuk menyelidiki runtuhnya jembatan itu. Langkah cepat Presiden itu patut diapresiasi!

Tujuan : Investigasi terhadap ambruknya Mahakam 2 harus dilakukan


Harapan redaktor : Kita menggarisbawahi pernyataan Djoko Murjanto soal perawatan. Bangsa ini punya kelemahan kultural dalam hal perawatan. Kita bisa membangun apa saja, tetapi kita lemah dalam pemeliharaan. Mahakam 2 hanyalah salah satu dari banyak jembatan di Indonesia. Kita tak ingin ambruknya Mahakam 2 itu menulari jembatan lain. Audit harus dilakukan terhadap jembatan lain. Penyediaan infrastruktur yang aman adalah tanggung jawab pemerintah.

17. contoh teks editorial​


Jawaban:

Contoh Teks Editorial tentang Kesehatan

Berikut adalah editorial Koran Tempo pada edisi 10 September 2020 dengan penyesuaian.

Jangan Hanya Bergantung pada Vaksin

Pengenalan Isu (Tesis)

Langkah pemerintah dalam membentuk Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin Covid-19 pada pekan lalu memperlihatkan bahwa pemerintah mengandalkan ketersediaan vaksin sebagai jalan keluar dari pandemi ini. Tim yang terdiri dari sederet menteri, lembaga riset, perguruan tinggi, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan bertugas hingga 31 Desember tahun depan.

Penyampaian Pendapat (Argumen)

Namun terdapat sejumlah masalah mendasar dari kebijakan pemerintah tersebut. Pertama, tugas dan fungsinya dapat tumpang tindih dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang sudah dibentuk oleh Presiden. Meskipun masih sama-sama dipimpin oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartato, keberadaan tim ini berpotensi menghambat birokrasi. Apalagi masyarakat juga belum melihat hasil kerja nyata komite di lapangan.

Kedua, keberadaan tim tersebut juga berpotensi berbenturan dengan tugas Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 yang dipimpin oleh Kementrian Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional. Selain menghasilkan rapid test (tes cepat covid) dan ventilator, konsorsium ini juga sedang mengembangkan vaksin Merah Putih bersama Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Institue. Sebetulnya, pemerintah bisa saja cukup menugasi konsorsium ini untuk melaksanakan instruksinya perihal percepatan pengembangan vaksin.

Selain itu, ruang lingkup tim ini tidak terlalu jelas. Pembuatan vaksin yang mumpuni pastinya memerlukan waktu yang tidak sedikit dan tidak boleh terburu-buru. Misalnya, masyarakat tentunya tidak mau percepatan pengembangan vaksin Merah Putih malah memicu pertanyaan dunia riset global akan kredibilitasnya yang bahkan pemerintahnya saja terkesan tidak percaya dan membentuk tim lain untuk melakukannya.

Kemudian, Pemerintah seharusnya sangat paham bahwa uji klinis tahap ketiga adalah tahap paling penting dari perancangan vaksin atau obat. Uji klinis fase terakhir ini tidak dapat dilakukan dengan tergesa-gesa. AstraZeneca dan Universitas Oxford bahkan terpaksa menghentikan uji klinis buatan mereka ketika menemukan peserta uji klinis di Inggris mengalami efek samping yang serius. Sehingga, rasanya tidak akan banyak yang bisa dilakukan oleh tim nasional bentukan Presiden ini.

Penegasan Ulang

Daripada hanya mengandalkan vaksin saja, sebaiknya pemerintah bisa memperbaiki kapasitas pengetesan dan pelacakan pasien suspect. Melalui berbagai pusat layanan kesehatan sebetulnya pemerintah dapat memperbaiki kualitas pengobatan pasien dan kesiapan tenaga medis agar angka kematian pasien COVID-19 tidak terus meningkat.

Tanpa upaya terpadu yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, tumpuan harapan pada satu solusi saja bisa dapat berujung pada masalah baru. Terutama jika waktu pengembangan vaksin jauh lebih lama dari apa yang dijanjikan oleh pemerintah. Pemerintah tidak boleh menyimpan semua telur dalam satu keranjang, upaya pengendalian wabah secara holistik dan ketat harus tetap dilakukan melalui berbagai sudut


18. Contoh teks editorial​


Jawaban:

Contoh Teks Editorial Tentang Masalah Sosial

Peristiwa Pelanggaran HAM yang Menggemparkan

Pelanggaran HAM (Hak asasi Manusia) di Indonesia dan Mancanegara. Pelanggaran hak asasi manusia adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Jawaban:

Jangan Hanya Bergantung pada Vaksin

Pengenalan Isu (Tesis)

Langkah pemerintah dalam membentuk Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin Covid-19 pada pekan lalu memperlihatkan bahwa pemerintah mengandalkan ketersediaan vaksin sebagai jalan keluar dari pandemi ini. Tim yang terdiri dari sederet menteri, lembaga riset, perguruan tinggi, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan bertugas hingga 31 Desember tahun depan.

Penyampaian Pendapat (Argumen)

Namun terdapat sejumlah masalah mendasar dari kebijakan pemerintah tersebut. Pertama, tugas dan fungsinya dapat tumpang tindih dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang sudah dibentuk oleh Presiden. Meskipun masih sama-sama dipimpin oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartato, keberadaan tim ini berpotensi menghambat birokrasi. Apalagi masyarakat juga belum melihat hasil kerja nyata komite di lapangan.

Kedua, keberadaan tim tersebut juga berpotensi berbenturan dengan tugas Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 yang dipimpin oleh Kementrian Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional. Selain menghasilkan rapid test (tes cepat covid) dan ventilator, konsorsium ini juga sedang mengembangkan vaksin Merah Putih bersama Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Institue. Sebetulnya, pemerintah bisa saja cukup menugasi konsorsium ini untuk melaksanakan instruksinya perihal percepatan pengembangan vaksin.

Selain itu, ruang lingkup tim ini tidak terlalu jelas. Pembuatan vaksin yang mumpuni pastinya memerlukan waktu yang tidak sedikit dan tidak boleh terburu-buru. Misalnya, masyarakat tentunya tidak mau percepatan pengembangan vaksin Merah Putih malah memicu pertanyaan dunia riset global akan kredibilitasnya yang bahkan pemerintahnya saja terkesan tidak percaya dan membentuk tim lain untuk melakukannya.

#SEMOGA MEMBANTU


19. contoh teks editorial​


Jawaban:

Pernyataan Pendapat (Thesis)

Lingkungan adalah suatu tempat yang berdekatan dengan kehidupan kita sebab itu perlu dijaga kebersihannya. Menjaga lingkungan merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Sehingga menjadi tanggung jawab semua warga negara bukan hanya pemerintah.

Setiap orang mempunyai peran yang harus dilaksanakan. Salah satunya adalah murid yang harus menjaga lingkungan sekolah. Dengan begitu maka setiap warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, maupun siswa harus ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan sekolah

Argumentasi

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah merupakan suatu hal yang paling penting untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang nyaman. Sehingga bisa membuat siswa dan siswi menjadi lebih semangat dalam belajar di sekolah.

Ada banyak cara atau kegiatan yang membuat siswa siswi sadar akan lingkungan salah satunya mengadakan perlombaan mengenai kebersihan. Siswa dan siswi juga turut diajarkan cara mengelola sampah yang baik

Penegasan Ulang

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, maka siswa akan lebih bertanggung jawab untuk membuang sampah pada tempatnya


20. 1.jelaskan pengertian teks editorial dan tuliskan contoh teks editorial​


Jawaban:

Teks editorial adalah suatu artikel yang berisi pendapat berdasarkan fakta dan didukung dengan data. Meski berdasarkan fakta, teks editorial sering disebut sebagai teks opini.

Penjelasan:

CONTOH :Pada tahun lalu, ada sekitar 269 pengaduan tentang kurangnya pelayann kesehatan di berbagai rumah sakit yang ada di Indonesia, jumlah itu pun dilaporkan dan diterima di Kemenkes.

Untuk yang belum dilaporkan tentu masih lebih banyak lagi, satu di antara hal yang menjadikan mutu pelayanan dokter kurang memuaskan ialah mengenai soal penanganan terhadap para pasien. Ada banyak dokter yang belum bisa mengetahui penyakit sebenarnya dari pasien sehingga seringkali obat yang diberikan tidak tepat.

Seharusnya pemerintah, terutama di bidang kesehatan, harus selalu membarui atau meningkatkan mutu dari dokter di seluruh Indonesia secara berkala, hal itu tentu bertujuan supaya pelayanan kesehatan masyarakat bisa menjadi lebih baik.

SEMOGA MEMBANTU ^^

JADIKAN JAWABAN TERBAIK

Jawaban:

Teks editorial Adalah Kolom Khusus yang terdapat Opini Dan Tim penulis untuk menyusun suatu berita atau isu yang sedang terjadi.Isu yang dimaksud itu bisa jadi pendidikan, Kesehatan, political Dan Masih banyak lagi.

Penjelasan:

Thanks


Kategori b_indonesia