Web Analytics

10 Konsep Geografi Beserta Contohnya

10 Konsep Geografi Beserta Contohnya

10 konsep geografi beserta contohnya

1. 10 konsep geografi beserta contohnya


Lokasi,jarak,achievability,pola,morgologi,aglomerasi,nilai utilitas,interaksi,diferensiasi daerah,keterkaitan ruang

2. 10 konsep geografi beserta contohnya​


Jawaban:

10 konsep tersebut adalah sebagai berikut.

1) LOKASI. Konsep lokasi merupakan konsep yang mengkaji letak suatu wilayah di permukaan bumi. ...

2) JARAK. ...

3) KETERJANGKAUAN. ...

4) POLA. ...

5) MORFOLOGI. ...

6) AGLOMERASI. ...

7) NILAI KEGUNAAN. ...

8) INTERAKSI / INTERDEPENDENSI.


3. 10 konsep dasar geografi beserta dengan contohnya


1. Konsep Lokasi
Konsep ini merupakan letak atau tempat dimana copypaste fenomena geografi terjadi. Konsep ini pula dibagi menjadi dua, yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif.

2. Jarak
Jarak sendiri merupakan ruang atau cela yang dapat menghubungkan antara dua lokasi atau dua objek dan dihitung melalui hitungan panjang maupun waktu. Konsep Jarak juga mempunyai peranan penting di dalam kehidupan sosial, ekonomi, maupun politik. Konsep jarak ini pula dapat dibagi menjadi dua, yaitu jarak mutlak dan jarak relatif.

3. Morfologi
Morfologi sendiri merupakan konsep yang menjelaskan tentang struktur luar dari batu-batuan yang tersusun membentuk morfologi permukaan bumi seperti(pantai, dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, lembah, dsb).

Contoh dari konsep morfologi yaitu:

Jakarta merupakan dataran rendah, Bandung dataran tinggi.

4. Keterjangkauan
Keterjangkauan sendiri merupakan jarak yang mampu dicapai dengan maksimum dari satu wilayah ke wilayah lain. Keterjangkauan tidak hanya dengan copypaste tergantung pada jarak tetapi juga tergantung pada sarana dan prasarana penunjang.

Contoh dari konsep keterjangkauan ini adalah sebagai berikut:

Pusat perbelanjaan itu terletak di pusat kota supaya mudah dicapai oleh wargJawa.

5. Pola
Pola merupakan bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial.

Contoh dari konsep pola sendiri sebagai berikut:

Pemukiman yang memanjang di sepanjang jalan raya pantura Jawa.

6. Aglomerasi
Aglomerasi sendiri merupakan adanya suatu fenomena yang terkelompok menjadi satu bentuk atau struktur.

Contoh dari konsep aglomerasi sendiri adalah sebagai berikut:

Pasar Senen, pasar minggu, pasar rebo adalah pengelompokan tempat berjualan berdasarkan hari pasaran.

7. Nilai Kegunaan
Nilai kegunaan ini merupakan konsep yang sangat berkaitan dengan nilai guna dari suatu wilayah yang dapat dikembangkan menjadi potensi yang menunjang perkembangan suatu wilayah.

Contoh dari konsep nilai kegunaan sendiri adalah sebagai berikut:

Kawasan perbukitan kapur seperti di Wonosari, Gunug Kidul memiliki banyak goa dan sumber mata air bawah tanah sangatlah cocok untuk dijadikan objek wisata alam.

8. Interaksi/Interpendensi
Interaksi/Interpendensi sendiri merupakan konsep yang menunjukkan keterkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya.

Contoh dari konsep Interaksi/interpendensi adalah sebagai berikut:

Desa merupakan pemasok tenaga kerja dan kota sebagai pemasok bahan produksi untuk desa.

9. Diferensiasi Areal
Diferensiasi areal sendiri merupakan konsep yang membandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena pada tiap-tiap wilayah memiliki karakteristik khas masing-masing.

Contoh dari konsep Diferensiasi areal adalah sebagai berikut:

Di dearah pantai penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan, namun di daerah pegunungan penduduk bermata pencaharian sebagai petani.

10. Keterkaitan Ruang
Keterkaitan ruang sendiri merupakan konsep yang menunjukkan tingkat keterkaitan antar wilayah dan mendorong terjadinya interaksi sebab-akibat antarwilayah.

Contoh dari konsep keterkaitan ruang adalah sebagai berikut:

Lalu-lintas di sekitar Jakarta selalu macet karena adanya mobilitas penglaju (pekerja) yang rumahnya di pinggiran Jakarta (Bodetabek) tetapi bekerja di Jakarta.

4. Jelaskan sertai contoh 10 konsep esensial geografi


1.konsep lokasi
2.konsep jarak
3.konsep keterjangkauan
4.konsep pola
5.konsep morfologi
6.konsep aglomerasi
7.nilai kegunaan
8.interaksi dan interdepedensi
9.konsep differensi area
10.konsep keterkaitan keuangan

5. Sebutkan 10 konsep geografi beserta penjelasan singkatnya dan contohnya ​


Jawaban:

1. Lokasi

Lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif.

2. Jarak

Jarak juga termasuk salah satu konsep dasar geografi. Dalam kehidupan sosial ekonomi, jarak memiliki arti penting. Secara umum konsep jarak dapat dibagi mennadi dua yaitu jarak absolut/mutlak dan jarak relatif.

3. Keterjangkauan

Konsep keterjangkauan adalah kemudahan akses jarak tempuh menuju suatu titik. Dalam kata lain keterjangkauan adalah jarak yang mampu dicapai dengan maksimum dari satu wilayah ke wilayah lain. Hal yang harus diperhatikan dalam konsep keterjangkauan adalah sarana dan prasarana penunjang yang ada.Contoh keterjangkauan adalah dulu untuk menuju pulau Madura harus menggunakan kapal. Namun setelah dibangun Jembatan Suramadu, kita bisa menuju ke Madura dengan mobil dan angkutan darat lain via jembatan.

4. Pola

Konsep esensial geografi berikutnya adalah pola (pattern). Pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagai tatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya.

Contoh pola dalam konsep geografi adalah pembangunan pemukiman penduduk dibangun memanjang mengikuti jalan raya atau aliran sungai.

5. Geomorfologi

Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk permukaan bumi. Ilmu geografi tidak terlepas dari bentuk-bentuk permukaan bumi, seperti pegunungan, perbukitan, lembah, dan dataran. Hal inilah yang menyebabkan permukaan bumi merupakan objek studi geografi.

Contoh konsep geomorfologi adalah kota Surabaya yang terletak di wilayah dataran rendah.

6. Aglomerasi

Pengertian aglomerasi adalah kecenderungan pengelompokan suatu gejala yang terkait dengan aktivitas manusia. Pengelompokkan ini dilakukan sebagai objek studi geografi.

Contoh aglomerasi adalah pengelompokan kawasan industri yang dipisahkan dari daerah pemukiman

7. Nilai Kegunaan

Dalam kaitannya sebagai salah satu konsep dasar geografis, nilai kegunaan adalah manfaat yang diberikan oleh suatu wilayah di muka bumi pada makhluk hidup, tidak akan sama pada semua orang. Tentu manfaat yang dihasilkan bersifat relatif, namun memiliki potensi untuk menunjang perkembangan suatu wilayah.

Contoh nilai kegunaan geografis adalah kawasan dataran tinggi bisa dimanfaatkan untuk tanah perkebunan yang subur, sedangkan daerah pantai bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi

8. Interaksi/Interpendensi

Interaksi atau interpendensi merupakan terjadinya hubungan yang saling mempengaruhi antara suatu gejala dengan gejala lainnya. Definisi lain mencakup keterkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya.

Contoh interaksi interpendensi adalah daerah pedesaan menghasilkan bahan-bahan pangan yang akan didistribusikan ke daerah perkotaan

9. Diferensiasi Areal

Pengertian diferensiasi areal secara umum adalah fenomena yang berbeda antara tempat yang satu dengan yang lain. Diferensiasi areal membandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap wilayah memiliki karakteristik yang unik.

Contoh diferensiasi areal adalah mata pencaharian penduduk daerah pantai kebanyakan adalah nelayan, tapi di dataran tinggi kebanyakan warganya menjadi petani.

10. Keterkaitan Ruang

Konsep geografis terakhir adalah keterkaitan ruang. Definisinya adalah hubungan antara suatu fenomena dengan fenomena lainnya yang merupakan suatu keterkaitan keruangan. Hal ini mendorong terjadinya sebab-akibat antar wilayah.

Contoh keterkaitan ruang adalah polusi udara yang terjadi di Singapura yang diakibatkan oleh kebakaran hutan di provinsi Riau yang letaknya berdekatan

Thx Semoga membatu :-)

1 Lokasi

Lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif..

2.Jarak

Jarak juga termasuk salah satu konsep dasar geografi. Dalam kehidupan sosial ekonomi, jarak memiliki arti penting. Secara umum konsep jarak dapat dibagi mennadi dua yaitu jarak absolut/mutlak dan jarak relati

3. Keterjangkauan

Konsep keterjangkauan adalah kemudahan akses jarak tempuh menuju suatu titik. Dalam kata lain keterjangkauan adalah jarak yang mampu dicapai dengan maksimum dari satu wilayah ke wilayah lain. Hal yang harus diperhatikan dalam konsep keterjangkauan adalah sarana dan prasarana penunjang yang ada.

4.Pola

Konsep esensial geografi berikutnya adalah pola (pattern). Pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagai tatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya.

Contoh pola dalam konsep geografi adalah pembangunan pemukiman penduduk dibangun memanjang mengikuti jalan raya atau aliran sungai.

5.. Geomorfologi

Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk permukaan bumi. Ilmu geografi tidak terlepas dari bentuk-bentuk permukaan bumi, seperti pegunungan, perbukitan, lembah, dan dataran. Hal inilah yang menyebabkan permukaan bumi merupakan objek studi geografi.

Contoh konsep geomorfologi adalah kota Surabaya yang terletak di wilayah dataran rendah.

6. Aglomerasi

Pengertian aglomerasi adalah kecenderungan pengelompokan suatu gejala yang terkait dengan aktivitas manusia. Pengelompokkan ini dilakukan sebagai objek studi geografi.

Contoh aglomerasi adalah pengelompokan kawasan industri yang dipisahkan dari daerah pemukiman

7. Nilai Kegunaan

Dalam kaitannya sebagai salah satu konsep dasar geografis, nilai kegunaan adalah manfaat yang diberikan oleh suatu wilayah di muka bumi pada makhluk hidup, tidak akan sama pada semua orang. Tentu manfaat yang dihasilkan bersifat relatif, namun memiliki potensi untuk menunjang perkembangan suatu wilayah.

Contoh nilai kegunaan geografis adalah kawasan dataran tinggi bisa dimanfaatkan untuk tanah perkebunan yang subur, sedangkan daerah pantai bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi

8. Interaksi/Interpendensi

Interaksi atau interpendensi merupakan terjadinya hubungan yang saling mempengaruhi antara suatu gejala dengan gejala lainnya. Definisi lain mencakup keterkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya.

Contoh interaksi interpendensi adalah daerah pedesaan menghasilkan bahan-bahan pangan yang akan didistribusikan ke daerah perkotaan

9. Diferensiasi Areal

Pengertian diferensiasi areal secara umum adalah fenomena yang berbeda antara tempat yang satu dengan yang lain. Diferensiasi areal membandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap wilayah memiliki karakteristik yang unik.

Contoh diferensiasi areal adalah mata pencaharian penduduk daerah pantai kebanyakan adalah nelayan, tapi di dataran tinggi kebanyakan warganya menjadi petani.

10. Keterkaitan Ruang

Konsep geografis terakhir adalah keterkaitan ruang. Definisinya adalah hubungan antara suatu fenomena dengan fenomena lainnya yang merupakan suatu keterkaitan keruangan. Hal ini mendorong terjadinya sebab-akibat antar wilayah.

Contoh keterkaitan ruang adalah polusi udara yang terjadi di Singapura yang diakibatkan oleh kebakaran hutan di provinsi Riau yang letaknya berdekatan

semoga membantu ya jngn lupa follow dan berterima kasih


6. analisis 10 konsep geografi beserta contohnya​


Jawaban:

1.konsep lokasi

2.konsep jarak

3.konsep keterjangkauan

4.konsep morfologi

5.konsep aglomerasi

6.konsep pola

7.konsep interaksi

8.konsep nilai guna

9.konsep diferensiasi area

10.konsep keterkaitan keuangan

Penjelasan:

maaf kalo salah


7. 10 konsep geografi beserta contohnya tolong bantu ya!


10 Konsep geografi dan contohnya yang di ulas lengkap untuk pemahaman tentang pemahaman geografi yang merupakan salah satu mata pelajaran saat sekolah. Ilmu geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari objek, wilayah, dan seluruh fenomena fisik yang terjadi di dunia. Ilmu ini sering dijadikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari bagaimana terbentuknya suatu benua, letak geografis suatu wilayah, selain itu masih banyak lagi yang dipelajari pada ilmu geografi seperti daerah dengan tanah tersubur serta aspek lokasi lainnya. Pengertian Konsep Geografi yang umum merupakan suatu konsep untuk mempelajari dan memahami fenomena perubahan alam serta aspek sosial lainnya. Konsep dasar geografi ini sangat penting untuk dipelajari terutama contohnya dalam pemahaman konsep tersebut. Konsep Geografi Konsep geografi dapat dibagi menjadi 10 macam yaitu berdasarkan Keterjangkauan, proses, lokasi, Aglomerasi, Nilai Kegunaan, Geomorfologi, Pola,  Interaksi Interdependensi, Diferensiasi Area, dan Keterkaitan Keruangan. 1. Konsep Geografi Berdasarkan Jarak2. Konsep Geografi Berdasarkan Lokasi3. Konsep Geografi Berdasarkan Keterjangkauan4. Konsep Geografi Berdasarkan Geomorfologi5. Konsep Geografi Berdasarkan Aglomerasi6. Konsep Geografi Berdasarkan Pola7. Konsep Geografi Berdasarkan Interaksi/Interpendensi8. Konsep Geografi Berdasarkan Diferensiasi Area9. Konsep Geografi Berdasarkan Nilai Kegunaan10. Konsep Geografi Berdasarkan Keterkaitan Ruang
10 konsep geografi :
1. konsep lokasi
    contoh konsep lokasi sebagai berikut.
     1. di daerah dingin orang cenderung berpakaian tebal.
     2. nilai tanah atau lahan untuk pemukiman akan berkurang apabila berdekatan dengan kuburan, terminal kendaraan umum, pasar, atau pabrik karena kebisingan  dan pencemaran.
2. konsep jarak
   contohnya :
   1. harga tanah akan semakin tinggi apabila mendekati pusat kota dibandingkan dengan harga tanah di perdesaan.
3. konsep keterjangkauan.
     contohnya :
     1. suatu daerah tidak akan berkembang apabila tidak dapat dijangkau oleh sarana transportasi.
4. konsep pola.
     contohpenerapan konsep pola di perkotaan yaitubmanusia membangun kawasan pusat perbelanjaan dengan pola sedemikian rupa supaya mudah dijangkau masyarakat di,mana saja.
5. konsep morfologi.
   contoh :
   1. pengelompokan pemukiman cenderung di daerah datar.
6. konsep aglomerasi.
   contoh:
   1. masyarakat atau penduduk cenderung mengelompokj pada tingkat sejenis sehingga timbul daerah elite, daerah kumuh, daerah perumnas, pedagang besi tua, dan pedagang barang atau pakaian bekas.
7. konsep kegunaan.
     contoh:
     lahan pertanian yg subur sangat bernilai bagi petani dibandingkan bagi nelayan atau krayawan/pegawai kantor.
8. konsep interaksi dan interdependensi.
    contoh:
    1. pergerakan barang (sandang) dari kota ke desa ; pangan dari desa ke kota.
9. konsep diferensiasi area.
    contoh:
    1. pertanian sayuran dihasilkan di daerah pegunungan; perikanan laut atau tambak di pantai; dan padi di daerah yg relatif datar.
10. konsep keterkaitan ruangan.
     contoh:
     1. jika dikaji melalui peta, terdapat konservasai spasial (keterkaitan wilayah) antara wilayah A, B, C, dan D.

8. sebutkan 10 konsep geografi beserta 1 contohnya​


Jawaban:

Lokasi. Lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. ...

Jarak. ...

Keterjangkauan. ...

Pola. ...

Geomorfologi. ...

Aglomerasi. ...

Nilai Kegunaan. ...

Interaksi/Interpendensi.

Penjelasan:

Jadiin Jawaban Yg Tercerdas Dng Kk:)


9. jelaskan 10 konsep geografi beserta contohnya​


Jawaban:

10 konsep esensial geografi dan contohnya

1. Lokasi

Konsep lokasi membahas tentang letak atau posisi spasial dari objek tertentu di permukaan bumi. Secara umum, lokasi terbagi menjadi dua yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif.

Lokasi absolut adalah letak atau tempat yang dilihat dari garis lintang dan garis bujur. Lokasi absolut keadaannya tetap karena berpedoman pada garis astronomis bumi. Contoh lokasi absolut yaitu letak astronomis Indonesia pada 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT.

Lokasi relatif adalah letak atau tempat yang dilihat dari daerah lain di sekitarnya. Lokasi relatif dapat berganti-ganti sesuai dengan objek yang ada di sekitarnya. Contoh lokasi relatif adalah lokasi geografis negara Indonesia yang terletak di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta Benua Asia dan Benua Australia.

2. Jarak

Jarak adalah ruang yang menghubungkan antara dua lokasi atau dua objek. Konsep jarak dibagi menjadi dua, yaitu jarak mutlak dan jarak relatif. Jarak mutlak adalah jarak dua tempat yang diukur berdasarkan garis lurus di udara yang mudah diukur pada peta. Contohnya jarak Jakarta - Malang.

Lalu, jarak relatif bisa dinyatakan pada jarak tempuh, baik yang berkaitan dengan waktu perjalanan yang diperlukan maupun satuan biaya angkutan. Contohnya jarak Jakarta - Malang dengan pesawat adalah 1,5 jam.

3. Keterjangkauan

Konsep geografi ini mengacu pada kemudahan untuk mencapai suatu objek yang dipengaruhi oleh kondisi geografis suatu wilayah. Contohnya, dari Jakarta akan lebih mudah menjangkau kota Padang daripada kepulauan Mentawai.

4. Pola

Konsep ini mengacu pada susunan atau penyebaran fenomena pada ruang muka bumi. Contoh, pola pemukiman penduduk di wilayah pesisir memanjang mengikuti garis pantai.

5. Morfologi

Morfologi menggambarkan perwujudan daratan di muka bumi, yang merupakan hasil proses pengangkatan atau penurunan wilayah melalui proses geologi. Contohnya seperti pulau-pulau, dataran yang luas, pegunungan, dan lembah.

6. Aglomerasi

Konsep geografi ini adalah kecenderungan persebaran yang bersifat mengelompok pada suatu wilayah. Contohnya pemukiman penduduk masyarakat perkotaan, mereka cenderung tinggal mengelompok, sehingga timbul pengelompokan pemukiman seperti daerah elite, daerah kumuh, dan sebagainya.

7. Interaksi dan Interdependensi

Konsep ini berkaitan dengan hubungan timbal balik atau saling ketergantungan antar wilayah. Contohnya hubungan antara desa dan kota. Warga kota membutuhkan makanan dari desa, sedangkan warga desa membutuhkan teknologi dari kota.

8. Nilai Kegunaan

Nilai kegunaan mengacu pada kelebihan yang dimiliki suatu tempat atau wilayah tertentu dan memiliki nilai kegunaan yang berbeda berdasarkan fungsinya. Contohnya, wilayah yang memiliki alam yang indah cocok sebagai daerah wisata.

9. Diferensiasi Area

Diferensiasi area menggambarkan keunikan atau karakteristik antara wilayah satu dengan yang lainnya. Contoh konsep ini misalnya masyarakat yang tinggal di pesisir bekerja sebagai nelayan, sedangkan warga pegunungan biasanya bekerja di kebun atau ladang.

10. Keterkaitan Ruang

Konsep ini menunjukkan tingkat hubungan antar wilayah. Contohnya, daerah hilir mengalami banjir karena pembangunan yang terjadi di daerah hulu.

Penjelasan:

maaf kalo salah

semoga membantu :)


10. 10 contoh konsep geografi beserta penjelasan!


1. Konsep Lokasi

Konsep ini merupakan letak atau tempat dimana copypaste fenomena geografi terjadi. Konsep ini pula dibagi menjadi dua, yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif.

2. Jarak

Jarak sendiri merupakan ruang atau cela yang dapat menghubungkan antara dua lokasi atau dua objek dan dihitung melalui hitungan panjang maupun waktu. Konsep Jarak juga mempunyai peranan penting di dalam kehidupan sosial, ekonomi, maupun politik. Konsep jarak ini pula dapat dibagi menjadi dua, yaitu jarak mutlak dan jarak relatif.

3. Morfologi

Morfologi sendiri merupakan konsep yang menjelaskan tentang struktur luar dari batu-batuan yang tersusun membentuk morfologi permukaan bumi seperti(pantai, dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, lembah, dsb).

4. Keterjangkauan

Keterjangkauan sendiri merupakan jarak yang mampu dicapai dengan maksimum dari satu wilayah ke wilayah lain. Keterjangkauan tidak hanya dengan copypaste tergantung pada jarak tetapi juga tergantung pada sarana dan prasarana penunjang.

5. Pola

Pola merupakan bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial.

6. Aglomerasi

Aglomerasi sendiri merupakan adanya suatu fenomena yang terkelompok menjadi satu bentuk atau struktur.

7. Nilai Kegunaan

Nilai kegunaan ini merupakan konsep yang sangat berkaitan dengan nilai guna dari suatu wilayah yang dapat dikembangkan menjadi potensi yang menunjang perkembangan suatu wilayah.

8. Interaksi/Interpendensi

Interaksi/Interpendensi sendiri merupakan konsep yang menunjukkan keterkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya.

9. Diferensiasi Areal

Diferensiasi areal sendiri merupakan konsep yang membandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena pada tiap-tiap wilayah memiliki karakteristik khas masing-masing.

10. Keterkaitan Ruang

Keterkaitan ruang sendiri merupakan konsep yang menunjukkan tingkat keterkaitan antar wilayah dan mendorong terjadinya interaksi sebab-akibat antarwilayah.





11. ringkasan mengenai 10 konsep esensial geografi disertai contohnya


10 Konsep Esensial Geografi

1. Lokasi

Konsep lokasi digunakan untuk mengkaji dimana posisi satau letak satu objek geografi yang ada di permukaan bumi.

Konsep lokasi ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

•Lokasi Absolut

Lokasi absolut adalah lokasi yang menunjukan suatu objek yang ditentukan oleh garis astronomis (garis lintang dan garis bujur).

Contoh: Indonesia terletak pada 6º LU (Lintang Utara) – 11º LS (Lintang Selatan) dan 95º BT (Bujur Timur) – 141º BT (Bujur Timur).

•Lokasi Relatif

Berbeda dengan lokasi absolut, lokasi relatif ini ditentukan berdasarkan tempat atau lokasi yang berada disekitar objek tersebut.

Contoh: Indonesia berada diantara dua benua dan dua samudra.

2. Jarak

Konsep jarak adalah ruang yang menghubungkan antara dua buah objek atau lebih yang diukur berdasarkan satuan waktu (detik, menit, jam, hari, bulan, tahun) atau satuan panjang (centimeter, meter, kilometer, mil, kaki).

Konsep jarak ini jugua dibedakan menjadi dua, yaitu:

Mutlak

Jarak mutlak adalah jarak antara dau buah objek atau lebih yang diukur berdasarkan satuan panjang yang telah ditetapkan atau yang telah terstandarisasi.

Contoh: Jarak dari Indonesia ke Madinah adalah 8.460 km.

•Relatif

Jarak relatif adalah jarak anatar dua buah onjek yang dihitung berdasarkan satuan waktu. Sehingag bisa terjadi perbeadan anatar asatu individu dengan individu lainnya.Contoh: Waktu tempuh dari Jakarta ke Purwokerto menggunakan bus 6 jam 10 menit. Sedangkan ketika menggunakan sepeda motor 5 jam 50 menit.

3. Keterjangakauan

Keterjangkauan adalah interaksi maksimal anatara tempat yang dapat dicapai baik dengan sarana transportasi ataupun dengan berjalan kaki.

Contoh: Ketika kita dari Indonesia ingin berlibur ke Switzerland maka menggunakan pesawat terbang untuk mencapai waktu yang lebih cepat. Contoh lain, ketika kita berada di pedalaman hutan maka menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki merupakan pilihan paling tepat untuk menjangkau suatu tempat.

4. Morfologi (Relief)

Morfologi adalah perwujudan dari bentuk permukaan bumi yang diakibatkan oleh pengangkatan dan penurunan wilayah.

Konsep morfolgi juga bisa diartikan hubungan antara bentuk bumi dengan aktivitas manusia.

Contoh: Masyarakat di dataran tinggi rata-rata bekerja sebagai petani. Dieng merupakan dataran tinggi yang eksotis.

5. Aglomerasi

Aglomerasi atau dikenal dengan pemusatan, merupakan pengelompokkan suatu peristiwa dan fenomena dengan berdasarkan aktivitas manusia.

Contoh: Pengelompokkan daerah Industri.

6. Nilai Kegunaan

Maksud dari nilai kegunaan disini adalah manfaat yang diberikan oleh satu wilayah di muka bumi pada mahluk hidup dan sifatnya adalah relatif, dimana satu dengan yang lainnya pasti akan memiliki nilai guna yang berbeda.

Contoh: Lahan subur di pedasaan bermanfaat untuk bercocok tanam.

7. Pola

Konsep pola berkaitan dengan susunan, bentuk, dan persebaran fenomena baik fenomena alam ataupun fenomena sosial yang terjadi di muka bumi.

Contoh: Persebaran penduduk yang berada di sekitar aliran sungai akan mengikuti alur aliran sungai.

8. Diferensiasi Area

Diferensiasi area adalah perbedaan interaksi antara satu wilayah dimuka bumi dengan wilayah yang lainnya.

Contohnya: Masyarakat di daerah pegunungan menggunakan baju yang tebal, berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai yang gemar menggunakan kaos oblong.

9. Nilai Guna

Konsep ini membahas mengenai nilai guna atau manfaat suatu wilayah bagi kehiupan masyarakat atau mahluk hidup yang ada disekitarnya.

Contoh: Daerah Dieng sangat cocok sebagai tempat wisata karena udara dinginnya dan banyak bukit yang indah.

10. Keterkaitan

Konsep yang terakhir adalah konsep keterkaitan yaitu, konsep suatu wilayah yang dipengaruhi atau dikaitkan dengan wilayah yang lain.

Contoh: Jakarta digenang banjir akibat huja deras yang terjadi di daerah Bogor.

Nah demikian pembahasan mengenai konsep esensial geografi, semoga informasi di atas bisa membantu kamu dalam memahami materi ini.

Terimakasih….


12. Konsep geografi beserta contoh​


Jawaban:

Konsep Ekologi

Penjelasan:

Penyebab Banjir di hilir Sungai Jawa karena penebangan liar di hulu sungai Kaspia


13. Sebutkan 10 Konsep dasar geografi, beserta contohnya


1. lokasi
Konsep ini terbagi dua yaitu: Absolut dan relatif.dilihat dari garis lintang dan garis bujur.Keadaan lokasi absolut ini statis karena berpedoman pada garis astronomi bumi, yang menyebabkan perbedaan iklim (garis lintang) dan waktu (garis bujur). Sedangkan lokasi relatif sangat penting karena lebih banyak kajiannya dalam geografi yang biasa disebut dengan letak geografis. Lokasi ini bisa berubah-ubah sesuai objek yang ada disekitarnya.
2. Jarak

Konsep ini berperan penting dalam kehidupan sosial, ekonomi juga politik. Jarak merupakan hal yang cukup diperhitungkan oleh manusia karena behubungan dengan keuntungan yang didapat. Konsep ini terbagi dua yaitu: jarak mutlak dan relatif. Jarak mutlak ialah lokasi yang dinyatakan dengan satuan ukuran meter maupun kilometer. Sedangkan jarak relatif dinyatakan dalam bentuk lamanya perjalanan atau waktu yang ditempuh.

3. Morfologi

Yang dimaksud dengan konsep morfologi adalah sebuah konsep yang menjelaskan mengenai bentuk permukaan bumi sebagai hasil dari proses alam dan kaitannya dengan aktivitas atau kegiatan manusia. Contoh perjalanan dari Serang ke Garut melewati jalan yang berliku-liku dan melewati perbukitan. Contoh lain yaitu bentuk lahan akan berhubungan dengan erosi, ketersediaannya air, pengendapan dan lainnya.

4. Keterjangkauan

Kemudahan dalam mengakses jarak yang ditempuh, tidak berkaitan dengan jarak yang ditempuh jauh akan tetapi adanya sarana dan prasarana penunjang untuk memudahkan atau mencapai jarak yang ditempuh. Sebagai contoh daerah Lampung penghasil sawit dan karet dan Jakarta memiliki tempat perindustrian untuk menghasilkan minyak. Kedua daerah tersebut saling brinteraksi melalui sarana transportasi yang dapat dijangkau seperti mobil dan kapal untuk menghubungkan keduanya berinteraksi.

5. Pola

Merupakan bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya atau alam dengan alam dimana konsep pola ini berhubungan dengan persebaran fenomena di muka bumi. Contohnya dalam pola aliran sungai yang dipengaruhi oleh kondisi geologi dan jenis batu pada daerah aliran sungai tersebut.

6. Aglomerasi

Yang dimaksud konsep ini ialah adanya pengelompokkan penduduk dan segala aktivitasnya disuatu daerah atau wilayah. Contohnya suatu penduduk biasanya cenderung bekumpul sesuai gendernya, ada daerah perkampungan kumuh, perumahan elit, daerah pengrajin yang erbuat dari bambu rotan, industri tekstil di Cilegon dan lain sebagainya.

7. Nilai Kegunaan

Konsep ini berkaitan dengan nilai guna, dimana manfaat maupun kelebihan yang dimiliki suatu wilayah menjadi nilai tersendiri bagi wilayah lain yang bisa dikembangkan dan dapat menunjang kesejahteraan suatu wilayah karena potensi yang dimiliki dari suatu wilayah tersebut. Sebagai contoh, suatu wilayah yang memiliki tempat yang sejuk dan memiliki pemandangan alam yang indah bisa berpotensi untuk dijadikan tempat berwisata atau rekreasi. Begitu juga dengan wilayah yang memiliki banyak lahan kosong bisa dijadikan tempat yang cocok untuk membangun properti atau gedung.

8. Interaksi dan Interdependensi

Merupakan suatu konsep yang berhubungan dengan realita bahwa keberadaan suatu daerah atau wilayah akan mempengaruhi daerah lain dan pada dasarnya suatu daerah tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa adanya interaksi dari daerah lain. Sehingga mengakibatkan adanya hubungan komunikasi, perdagangan ataupun migrasi. Contohnya: pemasok tenaga kerja biasanya dari pedesaan dan sebagai pemasok bahan-bahan produksi kebanyakan di kota. Atau sebaliknya tanaman padi tumbuh subur di area pesawahan di desa akan di distribusikan ke kota atau daerah yang membutuhkan.

9. Differensiasi Area

Dimana konsep ini saling terkait yang memiliki ciri khas unik dari suatu wilayah. Konsep ini membandingkan dua wilayah karena setiap wilayah memiliki ciri khas yang berbeda-beda dengan bertujuan untuk menunjukkan perbedaan antara wilayah yang satu dengan wilayah lain.

10. Keterkaitan Ruangan

Yaitu suatu konsep yang menunjukkan tingkat keterkaitan suatu wilayah yang menyebabkan terjadinya interaksi sebab-akibat di antar wilayah. Contohnya seperti suatu daerah yang memproduksi beras mengalami gagal panen beras akan mengakibatkan wilayah daerah lain mengalami kelaparan ataupun kekurangan bahan pokok atau melambungnya harga beras di pasaran. Contoh lain seperti terjadinya kebakaran di provinsi Riau mengakibatkan terjadinya polusi udara di Singapura dan wilayah lain yang berdekatan.



14. 10 konsep geografi beserta contoh dan gambarnya


1. Konsep Lokasi, yaitu letak suatu fenomena dimuka bumi, ada lokasi absolute yaitu lokasi yang tidak berubah-ubah berdasarkan garis lintang dan garis bujur ; dan lokasi Relativeyaitu lokasi yang berubah karena faktor tertentu.

2.   Konsep Jarak, Merupakan jarak antar suatu tempat. Ada jarak absolute (yang bisa diukur dengan satuan ukuran) dan jarak relative (dikaitkan dengan faktor waktu, ekonomi, dan psikologis.

3. Konsep Keterjangkauan, yaitu mudah dijangkau atau tidaknya suatu tempat.

4. Konsep Pola, adalah Pola persebaran suatu fenomena pada kawasan dipermukaan bumi.

5. Konsep Morfologi , Bentuk-bentuk lahan yang berkaitan dengan tenaga pembentuk bumi.konsep ini merupakan salah satu konsep ilmu yang mempelajari keseluruhan permukaan bumi, contoh nyatanya adalah perbukitan, lembah, gunung daratan dan lautan.

6. Konsep Aglomerasi , Konsep aglomerasi ini merupakan konsep yang mengelompokkan suatu peristiwa dan fenomena sesuai dengan kegiatan dan aktivitas manusia.

7. Nilai kegunaan artinya yaitu peran dan manfaat yang diberikan oleh suatu daerah atau wilayah pada masyarakat atau makhluk hidup disekitarnya.

8. Interaksi dan Interdependensi, Saling mempengaruhi atau saling ketergantungan antar gejala dipermukaan bumi.

9. Konsep Differensiasi Area (struktur keruangan atau distribusi keruangan) ,Fenomena ang berbeda antar satu tempat dengan tempat lain dipermukaan bumi.

10. Konsep Keterkaitan keruangan, terjadinya variasi dimuka 


jangan lupa jadikan jawaban terbaik ya

15. sebutkan 10 konsep geografi beserta contohnya


Konsep Geografi beserta contoh

Konsep geografi

Konsep geografi dapat mengatahui gambaran dari objek atau proses penemuan geosfer kajian mengenai berbagai fenomena geosfer didasarkan atas persebaran hubungan, fungsi bentuk pola dan proses terjadinya fenomena geosfer, konsep esensial geografi sebagai berikut ini:

a. Konsep lokasi

Konsep lokasi menjelaskan suatu objek atau fenomena geosfer yang berkaitan dengan letaknya di permukaan bumi. Konsep lokasi merupakan dasar ilmu geografi sejak awal perkembangan. Konsep lokasi dibedakan menjadi dua yaitu lokasi absolut dan relatif. Lokasi Absolut merupakan letak yang bersifat tahap yaitu berdasarkan pada garis lintang dan garis bujur, sedangkan lokasi relatif menunjukkan letak berdasarkan kondisi di daerah sekitarnya. Contoh: harga tanah di daerah desa lebih murah daripada di kota.

b. Konsep jarak

Konsep jarak mengkaji jarak antara satu tempat dengan tempat lain. Konsep jarak dibedakan menjadi dua, yaitu jarak absolut dan jarak relatif. Semakin dekat jarak antar wilayah, komunikasi dan hubungan timbal balik semakin lancar. Jarak Absolut diukur menggunakan satuan panjang dan jarak relatif dengan mempertimbangkan rute, waktu, dan biaya. Contoh: jarak antara kota A dan kota B adalah 100 km.

c. Konsep keterjangkauan

Konsep keterjangkauan mengaji aksesibilitas suatu tempat. Ketersediaan sarana prasarana untuk menjangkau suatu wilayah menentukan tingkat aksesibilitas. Wilayah jauh akan mudah dijangkau apabila sarana dan prasarana transportasi memadai. Contoh: suatu daerah terisolasi karena kondisi alamnya yang sulit di jangkau.

d. Konsep pola

Susunan keruangan objek di permukaan bumi dikaji menggunakan konsep pola. Kegiatan manusia dalam memanfaatkan alam membentuk pola keruangan tertentu. Contoh: pemukiman penduduk berpola memanjang mengikuti garis sungai.

e. Konsep morfologi

Konsep morfologi berkaitan dengan bentuk permukaan bumi. Misalnya bentuk sungai yang berkelok-kelok karena proses erosi dan sedimentasi yang terjadi di dataran rendah.

f. Konsep aglomerasi

Konsep aglomerasi berkaitan dengan pemusatan atau pengelompokan suatu fenomena di permukaan bumi. Contohnya pemusatan kawasan perdagangan di pusat kota

g. Konsep nilai guna

Setiap wilayah memiliki potensi berbeda-beda. Keragaman potensi tersebut memiliki nilai guna yang berbeda pula. Karakteristik penduduk suatu wilayah dapat menentukan nilai guna suatu wilayah. Semakin banyak potensi yang dikembangkan semakin meningkat pulang nilai guna wilayahnya. Contoh: laut memiliki nilai kegunaan bagi para nelayan.

i. Konsep keterkaitan keruangan

Konsep keterkaitan keruangan menunjukkan tingkat saling membutuhkan antar wilayah. Misalnya perbedaan potensi antar wilayah mendorong adanya keterkaitan dalam memenuhi kebutuhan material dan sosial penduduk. Contoh: kota membutuhkan pasokan sayur dari desa, seangkan desa membutuhkan pakaian dari kota.

j. Konsep interaksi dan interdependensi

Interaksi maksudnya adalah hubungan antara dua wilayah atau lebih. Interdepedensi merupakan hubungan antar wilayah yang sudah mencapai tahap ketergantungan. Contoh: desa menghasilkan bahan baku, sedangkan kota menghasilkan barang industri.

Untuk belajar lebih lanjut mengenai konsep geografi dapat di simak pada link berikut ini https://brainly.co.id/tugas/716703

Semoga membantu.

Detil tambahan

Kelas: 10 SMA

Mapel: Geografi

Kategori: 10.8.1 Bab 1 - Dasar-Dasar Ilmu Geografi

Kata kunci: Konsep geografi beserta contoh.


16. 10 konsep dasar geografi beserta contohnya ​


1.lokasi

2.jarak

3.achievability

4.pola

5.morfologi

6.aglomerasi

7.nilaiutilitas

8.interaksi

9.diferensasi daerah

10.keterkaitan ruang


17. sebutkan 10 konsep geografi beserta contohnya


10 konsep esensial geografi:

LokasiJarak KeterjangkauanPolaMorfologiAglomerasiNilai kegunaanInteraksi atau interdependensiDiferensiasi areal Keterkaitan ruang

PEMBAHASAN

Terdapat 10 konsep dalam geografi yang fungsinya memberikan gambaran corak abstrak fenomena-fenomena geosfer, yaitu fenomena yang diteliti dalam ilmu geografi. 10 konsep tersebut adalah sebagai berikut.

1) LOKASI

   Konsep lokasi merupakan konsep yang mengkaji letak suatu wilayah di permukaan bumi. Lokasi terbagi menjadi dua, yakni:

LOKASI ABSOLUT (Mutlak); diukur dengan sistem koordinat (grid). Dapat juga diketahui dari alamat suatu tempat. Contoh: Letak astronomis Indonesia adalah 6° LU - 11° LS, 95°-141° BT.LOKASI RELATIF (Nisbi); diketahui berdasarkan perbandingan letak satu wilayah terhadap wilayah lain. Contoh: Gunung Merapi terletak di sebelah utara Provinsi DIY.

2) JARAK

   Konsep jarak merupakan konsep yang mengkaji ruang yang menghubungkan dua tempat. Jarak terbagi menjadi dua, yakni:

JARAK ABSOLUT (Mutlak); diukur dengan satuan panjang yang baku. Misalnya dengan menggunakan satuan meter, kilometer, mil, dsb. Contoh: Jarak Candi Borobudur-Prambanan adalah 45 km.JARAK RELATIF (Nisbi); doukur dengan satuan waktu. Misalnya dengan menggunakan satuan detik, menit, jam, hari, dsb. Contoh: Jarak Kota Bandung-Jakarta adalah sekitar 3 jam apabila menggunakan mobil.

3) KETERJANGKAUAN

   Konsep keterjangkauan merupakan konsep yang mengkaji aksesibilitas antarwilayah. Contoh: Desa A hanya dapat dijangkau melalui jalan setapak yang menghubungkan Desa A dan Desa B.

4) POLA

   Konsep pola merupakan konsep yang mengkaji struktur, bentuk, dan persebaran fenomena atau gejala dalam geosfer. Contoh: Pola pemukiman penduduk di daerah tepi pantai adalah pola pemukiman menjalur karena pembangunan hunian mengikuti garis pantai.

5) MORFOLOGI

   Konsep morfologi merupakan konsep yang mengkaji bentuk muka bumi. Kajian pada konsep morfologi dapat juga disebut sebagai kajian topografi dan perbedaan relief muka bumi. Contoh: Kota Makassar terletak di dataran rendah Sulawesi Selatan dengan ketinggian 0-25 mdpl.

6) AGLOMERASI

   Konsep aglomerasi merupakan konsep yang mengkaji fenomena memusatnya suatu hal di Bumi oleh karena adanya ciri khas tertentu. Contoh: Suatu bangunan komersial cenderung dibangun berdempetan atau berdekatan dengan bangunan-bangunan komersial lain. Hal ini bertujuan agar para pembeli lebih mudah membeli kebutuhan barang dan jasa mereka.

7) NILAI KEGUNAAN

   Konsep nilai kegunaan merupakan konsep yang mengkaji potensi pemanfaatan nilai guna suatu wilayah. Contoh: Lahan rumput yang datar dan luas dapat dimanfaatkan untuk pembangunan sebuah bandar udara.

8) INTERAKSI / INTERDEPENDENSI

   Konsep interaksi / interdependensi merupakan konsep yang mengkaji adanya hubungan timbal balik dan hubungan ketergantungan pada suatu hal. Contoh: Penduduk desa menyuplai bahan-bahan baku kepada penduduk kota, sedangkan penduduk kota menyuplai barang-barang industri kepada penduduk desa. Hubungan saling ketergantungan ini tidak mungkin terwujud apabila pihak terkait tidak melakukan interaksi.

9) DIFERENSIASI AREAL

   Konsep diferensiasi areal merupakan konsep yang mengkaji adanya perbedaan masing-masing wilayah di permukaan bumi. Contoh: Walaupun sama-sama termasuk bioma padang rumput, sabana memiliki perbedaan dengan stepa. Di sabana masih terdapat beberapa pohon berukuran besar yang tumbuh. Sementara itu, stepa benar-benar hanya berupa daerah berumput dengan hampir tidak atau tidak ada pohon yang tumbuh sama sekali.

10) KETERKAITAN RUANG

   Konsep keterkaitan ruang merupakan konsep yang mengkaji adanya hubungan sebab-akibat yang terjadi akibat perbedaan potensi wilayah satu dengan potensi di wilayah lain. Contoh: Beberapa penduduk kota memilih menghabiskan masa liburannya di desa karena suasana desa yang tenang dan udaranya yang segar.

Selain kesepuluh konsep esensial geografi di atas, ternyata beberapa geograf pernah menyusun konsep esensial geografinya sendiri. Simak lebih lanjut mengenai konsep esensial geografi mereka dengan mengeklik link di bawah.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Konsep esensial geografi menurut Whiple:

brainly.co.id/tugas/17080015

Konsep esensial geografi menurut Henry J. Warman:

brainly.co.id/tugas/2914265_______________DETAIL JAWABAN

[tex]\bold {Mapel\::}[/tex] Geografi

[tex]\bold {Kelas\::}[/tex] 10

[tex]\bold {Materi\::}[/tex] Dasar-Dasar Ilmu Geografi

[tex]\bold {Kode\:Kategorisasi\::}[/tex] 10.8.1

Kata Kunci : Konsep esensial geografi dan contoh, Konsep esensial geografi, Konsep geografi


18. tuliskan 10 konsep geografi beserta contoh nya. ​


Jawaban:

1. Lokasi

Sebuah konsep untuk mengkaji letak objek tertentu di permukaan bumi. Lokasi didefinisikan sebagai titik absolut sesuatu. Sebagai contoh, negara Indonesia yang terletak di 6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BT. Bukan hanya negara yang dapat dijadikan objek, bisa gunung, sungai, danau, atau lainnya.

2. Jarak

Konsep ini sebenarnya masih berkaitan dengan lokasi, namun dinyatakan melalui nominal ukuran garis lurus ke lokasi lainnya serta bisa diukur dengan menggunakan peta. Dengan kata lain, seberapa jauh lokasi satu dengan lokasi lainnya yang dihitung menggunakan nominal melalui peta. Contohnya, jarak Jakarta-Surabaya.

3. Keterjangkauan

Pada konsep ini, ada sebuah hubungan antara kondisi suatu wilayah atau titik di permukaan bumi dengan sarana transportasi untuk menuju ke sana. Contoh konsep keterjangkauan: hutan yang tidak bisa diakses oleh mobil sehingga orang yang ingin ke sana harus berjalan kaki untuk bisa menjangkaunya.

4. Morfologi

Dari kata morfo yang merupakan "bentuk", konsep morfologi menganalisis tentang bentuk tinggi dan rendahnya wilayah dari permukaan bumi yang diakibatkan oleh hasil pergerakan unsur bawah bumi. Contoh konsep ini terdapat pada perbedaan wilayah dataran tinggi dan dataran rendah yang cukup terlihat perbedaannya.

5. Aglomerasi

Konsep ini mengenalkan sebuah persebaran penduduk dan sifatnya menganalisis suatu kelompok pada sebuah wilayah kecil.

Dari konsep ini, seseorang yang belajar geografi akan dapat memahami bagaimana sebuah kelompok dapat menyebar di suatu wilayah tertentu. Nantinya, ini bisa disajikan dalam bentuk peta yang menggambarkan persebaran tersebut.

6. Pola

Melalui konsep ini, pelajaran mengenai bentuk, susunan, serta fenomena persebaran seluruh aspek di atas muka bumi akan dikaji. Kajian tentang konsep pola ini berhubungan dengan apa yang terjadi di atas permukaan bumi melalui siklus tertentu. Misalnya air yang selalu berputar melalui hujan dan menjadi air kembali serta pulang ke sungai menuju laut.

7. Interaksi Interpendensi

Interaksi dan interpendensi ini akan menjelaskan kegiatan sebab akibat serta saling mempengaruhi antara objek, baik itu manusia maupun fenomena lainnya di atas bumi. Contoh kasus: penebangan pohon secara liar yang bisa mengakibatkan tanah longsor.

8. Nilai Kegunaan

Konsep ini menekankan sebuah keuntungan yang dapat dimiliki oleh masyarakat pada suatu wilayah. Contohnya adalah ketika seorang nelayan tinggal di daerah pesisir, maka ia membutuhkan perahu dan kail atau jaring untuk mencari ikan, bukan pacul yang digunakan untuk mengolah sawah.

9. Diferensiasi Area

Diferensiasi area menggambarkan perbedaan antara area/wilayah yang satu dengan lainnya. Contoh konsep ini dapat dilihat dari masyarakat yang tinggal di pesisir dan pegunungan. Warga pesisir bekerja sebagai nelayan, sedangkan warga pegunungan biasanya bekerja di kebun atau ladang.

10. Keterkaitan Keruangan

Konsep ini menjelaskan mengenai sebuah fenomena yang terjadi di sebuah wilayah, dan ada wilayah lain yang juga terpengaruh.Contoh: kebakaran hutan yang terjadi di Riau. Wilayah di sekitarnya juga merasakan dampaknya, semisal asap, bahkan sampai ke negara tetangga.


19. Sebutkan 5 konsep-konsep geografi beserta contohnya ?​


Jawaban:

-Konsep Lokasi

Contohnya

Harga Tanah Di Daerah A Lebih Murah Dibandingkan Di Daerah B

-Konsep Jarak

Contohnya

Jarak Rumah Andi Dan Rudi Adalah 1 KM

-Konsep Pola

Rumah Warga Tidak Beraturan Mengikuti Tinggi/Rendahnya Tanah

-Konsep Nilai Guna

Contohnya

Gunung Memiliki Kegunaan Bagi Para Petani Sayur Dan Peternak Sapi

-Konsep Keterjangkauan

Suatu Daerah Di Gunung Tidak Bisa Terakses Internet Karena Kondisi Alam.


20. Jelaskan 10 konsep geografi disertai contoh masing-masing


itu dari catatan ane
semoga membantu :)
Kategori geografi